Beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Water Heater

 

 

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, Anda mungkin sudah tidak begitu asing lagi dengan teknologi alat rumah tangga yang satu ini. Ya, water heater ini termasuk alat rumah tangga yang memiliki berbagai banyak manfaat yang dapat memudahkan berbagai urusan sehari-hari. Water heater dapat digunakan untuk memanaskan air dan juga membantu kebutuhan sehari-hari akan air hangat. Dengan begitu keadaannya, tak begitu heran tentunya jika masyarakat ingin mencari alat ini untuk dimiliki di rumahnya.

Anda harus bisa melihat dengan teliti bahwa alat water heater yang Anda beli tepat untuk Anda miliki di rumah. Sebelum itu, Anda juga wajib mengetahui tentang fungsi dan tips membeli water heater. Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu water heater, simaklah dengan teliti sedikit penjelasan dari artikel ini yang dapat membantu Anda.

Pengertian Water Heater

Water heater adalah sebuah alat yang memanfaatkan energi listrik sebagai sumber pemanasnya yang dapat digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan air. Mesin pemanas air atau water heater ini pada mulanya hanya digunakan untuk keperluan hotel atau tempat penginapan lainnya. Namun saat ini, banyak rumah-rumah yang mulai menggunakan water heater untuk kebutuhan mandi dan keperluan sehari-hari nya.

Penggunaan water heater domestik yang umum digunakan termasuk memasak, membersihkan, mandi, memanaskan ruangan, dan lain sebagainya. Sedangkan dalam industri, dari air panas dan air yang dipanaskan hingga ke uap nya memiliki banyak sekali kegunaan yang sangat bermanfaat.

Khususnya bagi mereka yang tidak dapat mandi dengan air dingin atau memiliki anak kecil. Dengan kehadiran teknologi ini, jadi mereka tidak perlu repot- repot merebus air lagi sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan air hangat dan dapat menghemat waktu dengan memanfaat teknologi yang telah tersedia.

Fungsi dan Manfaat Water Heater

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, jika water heater bisa digunakan untuk menghangatkan air. Tentunya Anda sudah tahu mengenai fungsi dari water heater ini. Fungsi utamanya yaitu untuk menghangatkan air agar bisa menjadi lebih hangat. Tentunya itu bukan hanya fungsi utamanya saja. 

Sebab, ada fungsi lain yang bisa dimanfaatkan yaitu untuk membantu kebutuhan harian akan air hangat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme masyarakat yang seakan ingin sekali memiliki alat ini untuk digunakan di rumah. Permintaan barang akan alat water heater ini terus saja meningkat. Apalagi pada daerah perkotaan dan daerah tropis yang sangat membutuhkan pasokan air hangat. 

Sama saja dengan fungsinya, manfaat dari waterheater ini tentunya yaitu untuk mendapatkan air hangat secara cepat dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air hangat dengan tepat waktu. Dimana alat ini memiliki letak prinsip kerja yang berbeda tergantung dengan alat water heater yang akan digunakan. 

Dengan begitu, Anda mungkin bisa meminimalisir terjadinya kerusakan, sebab alat ini bukan termasuk alat yang ramah di kantong bagi sebagian orang. Untuk itu sangat disarankan sekali sebelum membeli teknologi yang satu ini Anda harus bisa memilih water heater yang tepat yang akan digunakan. 

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Water Heater

Pada masa sekarang ini, water heater telah menjadi salah satu perangkat elektronik modern yang mulai diminati oleh para penghuni rumah, agar mereka bisa mendapatkan air panas sesegera mungkin yang langsung mengalir ke keran kamar mandi. 

Apabila Anda memang berencana untuk memiliki perangkat elektronik ini dan dipasangkan ke dalam rumah Anda, maka perlu diperhatikan beberapa hal berikut agar Anda tidak melakukan kesalahan dalam membelinya.

1. Mengecek terlebih dahulu kapasitas listrik dan sumber bahan bakar yang akan digunakan.

Perlu untuk diketahui bahwa terdapat beberapa jenis water heater yang dijual di pasaran. Ada pemanas yang menggunakan listrik, pemanas yang menggunakan gas, listrik tanpa tabung serta ada yang menggunakan pemanas tenaga surya pula.

Biasanya sumber energi yang paling umum digunakan untuk pemanas air di rumahan yaitu memakai gas atau listrik. Water heater dengan sumber energi atau bahan bakar gas bisa menghemat pada biaya awal pembelian dengan biaya pengoperasian yang relatif lebih rendah.

Sementara, water heater dengan sumber energi listrik memiliki harga pembelian yang lebih kecil tetapi pada umumnya memiliki biaya pengoperasian yang cenderung lebih tinggi. Hal paling utama yang perlu diperhatikan dalam memilih water heater adalah pentingnya untuk mengetahui sumber energi manakah yang paling cocok untuk digunakan di rumah Anda, sehingga Anda dapat membeli water heater yang tepat.

2. Sesuaikan jumlah kapasitas penyimpanan dengan jumlah anggota keluarga.

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan lagi adalah berapa banyak penghuni rumah yang akan menggunakan water heater. Ini nantinya akan berkaitan dalam menentukan jumlah kapasitas tangki air yang akan diperlukan dan jangan sampai terjadi kesalahan.

Jangan sampai jika kita salah untuk memilih tangki water heater yang terlalu besar, hal itu dapat mengakibatkan kita membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menunggu ketersediaan air panas tersedia.

3. Pertimbangkan daya listrik rumah dan sistem keamanannya.

Pada umumnya water heater hanya membutuhkan daya sekitar 350 Watt atau lebih, tergantung pada ukuran dan jenis pemanasannya. Pastikan jika penggunaan water heater tidak sampai mengganggu aktivitas rumah tangga lainnya. Oleh karena itu, pilihlah jenis water heater yang hemat energi jika memungkinkan. Pilihlah jenis water heater yang sesuai dengan daya listrik dirumah Anda.

Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah sistem keamanan yang perlu dipertimbangkan saat membeli water heater. Contohnya water heater yang aman bagi semua kalangan seperti untuk ibu hamil maupun anak kecil. Sebagai contoh, hendaknya kita juga memilih water heater yang memiliki sistem keamanan berlapis dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya kebocoran gas. Atau dapat pula memilih jenis water heater yang sudah dilengkapi dengan safety system agar lebih aman.

4. Perhatikan harga dan biaya perawatan water heater.

Sebelum membeli suatu produk, harga merupakan hal yang sangatlah penting yang perlu Anda perhatikan. Alasan utamanya tentu saja karena dengan mengetahui harganya, Anda akan bisa menyesuaikan produk yang akan Anda beli dengan budget yang Anda punya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui biaya perawatan water heater setelah nantinya digunakan. Hal itu nantinya pasti akan sangat menguntungkan karena biaya perawatan akan sesuai dengan budget yang sudah Anda siapkan.

Pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut memiliki garansi, sehingga apabila nantinya terjadi masalah atau cacat produk kita bisa langsung menukarkan produk tanpa biaya tambahan. Sebaiknya memilih produk yang sudah terkenal awet dan mempunyai masa garansi perbaikan yang cukup lama hingga bisa mencapai 10 tahun atau Anda juga dapat memilih produk yang memiliki masa garansi seumur hidup. Selain itu, Anda juga dapat melakukan servis tanpa dikenakan biaya sepeser pun apabila masa garansi masih berlaku. Demikian yang bisa Saya jelaskan semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Jika Anda ingin memasang water heater di rumah, Anda dapat menggunakan produk dari Handal Water Heater. Tersedia berbagai jenis dan tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

By Drajad