Seperti yang diprediksi dan ditakuti, varian virus kini menyebabkan banyak kasus baru penyakit Covid di sebagian besar dunia. Varian Delta (B.1.617.2), yang tampaknya telah menyebar luas di India mulai Oktober lalu, tampaknya sangat menular dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah. Semakin menular virus, semakin banyak orang akan sakit – dan lebih banyak orang akan meninggal.

Baca Juga Swab Test PIK

Varian Delta setidaknya sebagian bertanggung jawab atas gelombang besar dan mematikan baru-baru ini yang membanjiri sistem perawatan kesehatan di India. Delta kini menyebar di setidaknya 62 negara, termasuk Amerika Serikat. Meskipun saat ini menyumbang 6 persen dari kasus AS, proporsi itu tumbuh (hanya 2 persen beberapa minggu yang lalu dan sekarang berlipat ganda dengan cepat) — dan akan terus berkembang pesat sebagai proporsi dari semua infeksi, terutama di wilayah negara. dan kelompok demografis yang memiliki tingkat vaksinasi lebih rendah.

Delta sekarang menjadi strain dominan di Inggris, meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir dan sekarang menyumbang tiga perempat dari kasus baru di sana. Ini telah memaksa jeda empat minggu dalam rencana pembukaan kembali Inggris. Jika Delta bertahan di Amerika Serikat, itu bisa memengaruhi pembukaan kembali kami juga.

Kabar baiknya adalah bahwa orang-orang yang divaksinasi penuh, setidaknya dengan vaksin mRNA, kemungkinan besar terlindungi dengan baik terhadap varian yang diidentifikasi sejauh ini, termasuk varian Delta – terutama dalam hal penyakit parah. Namun, orang yang hanya divaksinasi sebagian hanya dilindungi sebagian. Satu dosis vaksin Pfizer memberikan perlindungan 33 persen terhadap pengembangan penyakit Covid bergejala yang disebabkan oleh varian Delta, dibandingkan dengan efektivitas 88 persen setelah kedua dosis.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitas vaksin tertentu terhadap varian tertentu. Namun, semua penelitian yang dilakukan sejauh ini memperkuat pentingnya bagi setiap orang yang dapat divaksinasi untuk menerima semua dosis vaksin yang direkomendasikan sesegera mungkin. Saran ini mencakup vaksin Johnson & Johnson sekali pakai serta kedua dosis vaksin Pfizer dan Moderna. (Vaksin lain tersedia di tempat lain di dunia, tetapi ini adalah satu-satunya tiga yang diizinkan untuk digunakan di Amerika Serikat.) Pengumuman terbaru dari Novavax menunjukkan bahwa vaksin lain yang sangat efektif akan segera tersedia; karena A.S. sudah memiliki tiga vaksin yang efektif dan disetujui, vaksin tersebut mungkin mendapatkan otorisasi di luar A.S. sebelum diotorisasi atau dilisensikan di negara ini.

Sebagian besar kasus, rawat inap, dan kematian yang disebabkan oleh varian Delta di Inggris terjadi pada orang yang tidak divaksinasi. Infeksi sebelumnya dengan varian Covid lain mungkin tidak memberikan perlindungan yang kuat terhadap infeksi ulang dengan Delta; masih banyak yang perlu kita pelajari tentang varian dan kekebalan.

Bahkan saat pembatasan dicabut, pedoman baru hanya berlaku untuk orang yang telah divaksinasi lengkap. Mereka yang belum sepenuhnya divaksinasi harus mengikuti panduan CDC dan terus mengambil tindakan pencegahan, seperti menjaga jarak sosial, memakai masker di ruang publik dalam ruangan, dan menghindari lokasi ramai.

Anak-anak di bawah usia 12 tahun belum memenuhi syarat untuk divaksinasi, sehingga masih berisiko tinggi terkena Covid pada umumnya — dan dari varian Delta pada khususnya. Ada peningkatan baru-baru ini dalam wabah dan klaster yang melibatkan varian di sekolah-sekolah di Inggris, dan beberapa sekolah di negara lain ditutup karena klaster. Anak-anak yang lebih kecil cenderung tidak mengalami penyakit parah, tetapi masih dapat menularkan virus ke orang lain, terutama anggota keluarga atau kontak dekat lainnya yang belum divaksinasi.

Anak-anak harus terus mengambil tindakan pencegahan seperti menjaga jarak sosial dan mengenakan masker di ruang publik dalam ruangan sampai mereka dapat divaksinasi, yang tidak akan mungkin dilakukan hingga paling cepat September. Ini sangat penting, karena sebagian besar sekolah AS telah mengumumkan rencana untuk membuka kembali sepenuhnya dengan pembelajaran langsung di musim gugur.

Varian Delta adalah pesan dari virus: virus ini masih berkembang, dan dapat berkembang menjadi strain yang lebih menular, mematikan, dan resisten terhadap vaksin. Varian baru muncul ketika penyebaran virus tidak terkendali, dan dapat menyebar ke seluruh dunia dengan cepat, mengancam kehidupan masyarakat di mana-mana. Menghentikan kemunculan dan penyebaran varian akan menyelamatkan nyawa di mana-mana. Untuk mengendalikan penyebaran, kita harus memvaksinasi sebanyak mungkin orang secepat mungkin. Memperluas vaksinasi secara global secepat mungkin akan menyelamatkan nyawa dan mencegah munculnya varian baru.

Intinya adalah bahwa, meskipun varian Delta sangat berbahaya, divaksinasi sepenuhnya, terutama dengan vaksin mRNA, memberikan perlindungan yang kuat terhadapnya dan varian lainnya. Meskipun pasokan vaksin terbatas di sebagian besar dunia, kami memiliki hak istimewa di Amerika Serikat untuk memiliki cukup vaksin untuk semua orang.

Baca Juga Swab Test PIK