resep herbal radang tenggorokan

Resep herbal radang tenggorokan bisa menjadi pilihan ketika Anda merasakan keluhan nyeri dan kering di tenggorokan. Ini membantu Anda atasi keluhan dengan alami dan aman. Salah satunya dengan terapi menggunakan bayam duri. Dirangkum dari deherba.com, berikut cara pembuatan dan manfaat terapi bayam duri untuk radang tenggorokan.

Penyakit Radang Tenggorokan

Penyakit ini terjadi ketika terbentuk peradangan dalam dinding saluran tenggorokan. Terbentuk dari lapisan dinding mukosa dimana dahak berada. Biasanya peradangan terjadi akibat efek iritasi yang berkembang, bisa karena efek infeksi virus dan bakteri. Bisa pula karena efek iritasi akibat paparan makanan tertentu, karena asam lambung dan karena efek abrasif dari unsur asing.

Biasanya radang tenggorokan menyebabkan penderitanya mengalami gangguan seperti nyeri dan kering di tenggorokan, rasa gatal di dalam tenggorokan, batuk kering, dahak kental dan rasa tidak nyaman saat menelan.

Radang tenggorokan secara umum bukan masalah serius. Dengan pengobatan tradisional sederhana, keluhan ini bisa segera diatasi. Hanya saja tidak menutup kemungkinan radang tenggorokan merupakan gejala dari infeksi yang berakibat serius. Seperti halnya pada penyakit Covid 19.

Resep Herbal Radang Tenggorokan Dengan Bayam Duri

Bayam duri sebenarnya masih berkerabat dengan bayam yang lazim kita olah sebagai sayuran. Namun berbeda dengan bayam yang dikembang biakan, jenis bayam duri biasa tumbuh liar di semak semak.

Teksturnya lebih tebal dengan permukaan yang lebih kasar. Terlihat daunnya lebih lebar, dan bila diraba terasa daunnya dan batangnya memiliki bulu yang sedikit kasar. Kadang bulu ini terasa seperti duri sehingga kerap disebut dengan bayam duri.

Sebenarnya bayam duri adalah tanaman gulma atau tanaman pengganggu pada usaha pertanian. Namun banyak orang tidak sadar akan manfaat dari herbal alami ini Seperti di antaranya sebagai bahan baku resep herbal radang tenggorokan.

Salah satunya karena efek anti inflamasi dari daun bayam duri. Tanaman bernama Amaranthus spinosus ini telah lolos uji sebagai herbal anti radang sebagaimana telah diungkap dalam International Journal of Current Pharmaceutical Research tahun 2010.

Tidak hanya itu, karena daun bayam duri juga memiliki sifat anti bakteri dan anti viral. Ada kemampuan bayam duri dalam membantu mengatasi infeksi ringan. Hal tersebut juga diungkap dalam buku berjudul Amaranthus: A Promising Crop of Future yang ditulis oleh Saubhik Das.

Bayam duri juga dipahami memiliki sifat anti alergi. Membantu meredakan reaksi alergi pada tubuh. Termasuk membantu meredakan keluhan asma dan rhinitis yang kerap menjadi pemicu radang tenggorokan.

Dan pada taun 2017, sebuah laporan dalam Egyptian Journal of Basic and Applied Sciences tahun 2017 secara jelas menyatakan bahwa terbukti klinis daun bayam duri dapat dimanfaatkan sebagai bahan resep herbal terapi radang tenggorokan, termasuk pula baik untuk peradangan pada faring, esofagus dan lain sebagainya.

Ada banyak kandungan fitokimia dalam daun bayam duri, di antaranya adalah amaranthine, flavonoids, saponins, alkaloids, phenolic acids, terpenoids,  glycosides, quercetin, kaempferol steroids, betaine dan betalains.

Senyawa amaranthine  sendiri merupakan salah satu senyawa khas dari bayam duri yang terbukti efektif bekerja sebagai anti radang. Sekaligus memiliki efek imunomodulator. Ini akan sangat bermanfaat membantu memperbaiki fungsi imunitas dalam mengatasi peradangan.

Bagaimana Cara Membuat Resep Herbal Dari Bayam Duri?

Untuk membuat resep herbal untuk mengatasi radang tenggorokan dari bahan baku bayam duri, Anda perlu menyediakan bayam duri segar setidaknya 45 gram. Pilih bayam duri yang tidak terlalu tua. Cuci bersih daun bayam duri, dan potong potong. Anda bisa tambahkan akar dari tanaman bayam duri untuk hasil lebih baik.

Rebus daun dan akar dalam air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Lalu angkat dan dinginkan. Saring sebelum Anda minum. Anda bisa campurkan resep herbal radang tenggorokan ini dengan madu atau gula batu supaya rasa lebih enak. Minum 2 kali sehari sebanyak ½ gelas hingga keluhan hilang.

 

 

 

 

By Drajad