Bersamaan perubahan jaman ada banyak peralihan yang terjadi di kehidupan manusia, terhitung di bagian tugas. Di zaman kekinian sekarang ini, golongan milenial yang dikenali dengan jiwa bebasnya lebih menyenangi tugas bebas dan fleksibel tanpa terlilit oleh waktu dan ketentuan kantor. Oleh karenanya, tugas freelance dengan mekanisme remote juga banyak dilirik. Ditambah, upah freelancer pun tidak kalah dari pegawai kantoran.

Tugas freelance atau freelancer ialah karyawan berdikari (self-employed) atau mandiri yangtidak mempunyai kesepakatan kerja dengan pemberi kerja (perusahaan), dan tidak terlilit waktu atau tempat. Maka dari itu, beberapa freelancer bisa bekerja dimanapun serta kapan pun, bahkan juga lewat cara online tak perlu tiba ke kantor. Upah freelancer juga agak banyak.

Prediksi 12 Upah Freelancer Berdasar Macamnya

Seorang freelancer umumnya bisa dengan bebas tentukan waktu kerja dan lokasi kerjanya. Ada yang bekerja sekalian kongkow di coffee shop, bekerja sekalian travelling, bekerja di coworking ruang, dan lain-lain. Kelihatan bagus sekali kan? Tetapi, apakah benar jadi seorang freelancer semenyenangkan itu? Lantas berapakah upah freelancer? Ini kali Qoala akan mengulasnya secara habis.

Sepintas Mengenai Apa Itu Tugas Freelancer

Sumber photo: Silatip lewat ShutterstockDi atas telah sedikit di singgung mengenai apakah itu makna dari tugas freelance, tugas freelance memungkinkannya seorang bisa bekerja secara bebas tanpa terlilit oleh jam kerja dan lokasi. Berikut yang membuat karier freelancer banyak dicari oleh anak muda saat ini.

Walau kelihatan menarik, tetapi kenyataannya ada banyak orang yang memiliki pendapat jika bekerja dengan mekanisme bebas rupanya membuat kerjanya jadi tidak tersudahi secara baik, menimbun, bahkan juga tidak optimal. Tetapi ada pula yang lebih produktif saat dikasih kebebasan tentukan waktu dan lokasi kerja.

Keuntungan Jadi Freelancer

Ada sejumlah keuntungan yang hendak kamu peroleh saat bekerja sebagai freelancer, misalnya:

[H4] 1. Bebas Tentukan Waktu dan Jam Kerja [/H4]

Keuntungan jadi freelancer yang pertama ialah mempunyai kebebasan untuk tentukan kapan dan berapakah lama kamu bekerja. Pasti ini berlainan dengan karyawan kantoran yang mempunyai jam kerja teratur sehari-harinya, yakni 8 jam dari jam 8 sampai 5. Kebebasan pilih dan tentukan jam kerja ini membuat freelancer benar-benar fleksibel.

[H4] 2. Bebas Tentukan Lokasi Bekerja [/H4]

Selanjutnya, freelancer bebas dalam tentukan lokasi kerja. Freelancer bisa bekerja di dalam rumah, di warung kopi, di pantai, atau dimana saja sesenang hati. Bahkan juga sekalian liburan juga, freelancer memungkinkan memperoleh pendapatan.

[H4] 3. Bebas Tentukan Pendapatan [/H4]

Sebagai seorang freelancer, kamu dapat dengan bebas tentukan berapakah pendapatan yang ingin kamu peroleh. Ini dikarenakan oleh upah seorang freelancer ditetapkan oleh jumlah tugas yang dituntaskan dan skillnya. Disamping itu, seorang freelancer dapat ambil beberapa tugas sekalian pada sebuah waktu. Asal dapat menuntaskan semua, kamu dapat memperoleh pendapatan berlipat ganda dari banyak tugas.

[H4] 4. Bebas Jadi Bos untuk Diri Sendiri [/H4]

Keuntungan jadi freelancer selanjutnya ialah menjadi bos untuk diri kita tanpa yang atur. Kamu yang tentukan dan atur agenda tugas kamu sendiri. Tugas ini pas untuk beberapa milenial yang menyenangi kebebasan tanpa terlilit oleh atasan atau pimpinan dan ketentuan perusahaan.

Kekurangan Jadi Freelancer

Selainnya memberikan keuntungan, jadi freelancer tidak selama-lamanya membahagiakan. Berikut beberapa kekurangan freelancer yang perlu kamu ketahui.

[H4] 1. Frekwensi Tugas Tidak Bisa Diprediksikan [/H4]

Salah satunya kekurangan jadi seorang freelancer yang pertama ialah frekwensi tugas tidak pasti dan tidak bisa diprediksikan. Tugas yang tidak konstan membuat kamu kuatir adakah tugas untuk masa yang akan datang atau mungkin tidak.

[H4] 2. Pendapatan Tidak Konstan [/H4]

Walau kerja freelance dapat datangkan upah besar, tapi tetap ada resiko dan peluang yang lain. Misalkan, dampak dari point pertama di atas ialah pendapatan yang tidak konstan. Frekwensi tugas yang tidak pasti membuat pendapatan sebagai seorang freelancer pun tidak konstan tiap bulannya.

[H4] 3. Tidak Memperoleh Sarana dari Perusahaan [/H4]

Freelancer pun tidak memperoleh sarana dan keuntungan dari kantor. Seluruh keperluan untuk bekerja harus sanggup disiapkan sendiri. Disamping itu kamu tidak memperoleh sokongan, program pensiun pada hari tua dan sarana yang lain yang umumnya didapat dengan seorang pegawai.

[H4] 4. Harus Mempunyai Management Diri yang Baik [/H4]

Jadi seorang freelancer harus mempunyai management diri yang bagus supaya tugas bisa usai secara baik dan on time. Kamu harus bisa atur tugas dan waktu sebagus mungkin supaya semua bisa jalan imbang, Bila hasil tugasmu baik, kamu berpeluang untuk memperoleh penawaran tugas lain.

Prediksi Upah Freelancer

Sumber photo: pujislab lewat ShutterstockSebenarnya ada banyak tipe tugas yang bisa kamu kerjakan dengan freelance. Berdasar tipe tugas ini, baru kelihatan berapakah besaran upah freelance terhitung yang sudah dilakukan lewat cara online juga. Langkah hitung upah freelance umumnya dilaksanakan berdasar kemampuan atau kekuatan, jumlahnya tugas, lama/periode durasi waktu pembuatan (per project atau juga bisa dihitung dengan upah freelance per jam), dan tipe tugas apa yang dijalani.

Nach, sebetulnya berapakah upah freelance yang ada? Berikut prediksi upah freelancer berdasar karier atau tugas yang ditekuni.

1. Penulis Content (Konten Writer)

Tugas freelancer yang terbanyak disukai ialah jadi penulis content atau konten writer. Dengan majunya tehnologi, sekarang beberapa media yang sediakan basis digital untuk share info, informasi, photo, video dan fasilitas komunikasi dan hubungan keduanya. Basis ini dikatakan sebagai sosial media.

Munculnya sosial media ini sudah pasti memengaruhi beberapa hal. Terhitung dalam soal berbicara, berhubungan dan share info. Jumlahnya info yang dapat didapat secara digital, tidak terlepas dari jasanya seorang penulis content. Berikut yang membuat tugas sebagai seorang penulis content sering diperlukan oleh perusahaan, baik startup atau perusahaan besar.

Lalu berapakah upah freelance konten writer? Berdasar sebagian sumber, upah seorang penulis freelance sekitar di angka Rp2 sampai Rp4 juta /bulan bergantung di mana kamu bekerja dan seperti apakah persetujuan yang kamu bikin dengan perusahaan.

2. Photografer

Jadi photografer freelancer lumayan banyak disukai. Timbulnya sosial media sebagai media untuk share video dan foto membuat beberapa orang ingin mendokumentasikan moment-nya dalam sebuah photo keren yang bisa diupload ke sosial media. Seorang freelancer photografer biasanya dibayarkan Rp300 ribu sampai Rp500 ribu untuk sebuah photo individu dan Rp5 juta untuk keperluan acara seperti pernikahan, sukuran, dan lain-lain.

3. Videografer dan Editor

Serupa dengan photografer, videografer dan editor freelance biasanya dibayarkan per project. Upah freelance videographer biasanya sekitar di antara Rp1 juta sampai Rp5 juta untuk tiap proyeknya. Makin bertambah project yang diatasi, karena itu pendapatan yang dapat diperoleh juga makin besar.

4. Java Programmer

Bila kamu telah bekerja pada sebuah perusahaan, lalu ingin cari tambahan pendapatan, kamu bisa berusaha untuk ambil job freelance baik sebagai programmer atau seorang situs developer. Lantas berapakah upah freelance situs developer dan programmer? Java programmer junior freelance bisa hasilkan Rp4 juta /bulan. Besaran upah ini bergantung project yang kamu bereskan, di mana kamu bekerja dan bagaimana persetujuan kamu dengan client.

5. Digital Marketing

Kamu mempunyai ketrampilan di bagian digital pemasaran dan ingin coba terjun kedunia freelance pemasaran? Sudah pasti dapat. Lantas bagaimana mekanisme upah freelance pemasaran? Upah seorang digital pemasaran freelance biasanya sekitar di antara Rp2,lima juta sampai Rp10 juta bergantung dari kemampuan dan hasil kerja.

6. Pendesain Grafis dan Illustrator

Tugas freelance yang lain banyak juga disukai ialah pendesain grafis. Upah freelance design grafis atau illustrator dibayar berdasar project. Besarnya komisi atau bayaran freelance design grafis dan illustrator bervariatif, dimulai dari Rp3 juta sampai Rp5juta. Selainnya kemampuan, factor tingkat kesusahan design atau ilutrasi, sampai berapa besar client atau nama merek yang diatasi akan punya pengaruh.

7. Data Entry

Ada banyak tugas freelance yang hendak bayar kamu dengan upah dolar. Salah satunya tugas freelance itu ialah data entry. Tugas data entry freelance ini benar-benar pas untuk kamu yang trampil dalam memakai Microsoft Excel dan program yang lain yang umum dipakai untuk menginput data. Bekerja freelance online untuk tugas data entry di Indonesia bisa hasilkan 10 sampai 30 dollar bergantung berapa banyak data yang perlu kamu saran. Selainnya dapat kerja dari rumah untuk setiap project, upah freelance data entry banyak juga dijajakan /jam.

8. Riset dan Konselor Usaha

Bila kamu mempunyai pengalaman di bagian analitis dan diskusi usaha dan mempunyai kekuatan usaha yang oke, kamu bisa ambil tugas ini secara freelance dengan upah yang cukup. Untuk pendapatannya sendiri bergantung bagaimana persetujuan kamu dengan client. Tetapi biasanya besaran upah yang diterima dapat capai beberapa ratus juta /tahun.

9. Voice Over

Saat ini lebih banyak sektor tugas yang memerlukan jasa voice over untuk iklan, film kartun atau anime, dan lain-lain. Upah freelancer di bagian voice over dibayarkan berdasar jumlah kata yang disampaikan. Biasanya freelance voice over sanggup hasilkan 10 sampai 100 dollar per 100 kata. Cukup bukan ?

10. Data Scientist

Salah satunya tipe tugas yang makin mengalami perkembangan dan sering diperlukan ialah tugas sebagai seorang data scientist. Data scientist sebuah karier di bagian pemrosesan data yang berbasiskan digital. Maka dari itu banyak tugas data scientist yang ditangani secara freelance. Untuk besaran upahnya lumayan tinggi, dalam sebuah project kamu dapat memperoleh penghasilan sampai Rp12 juta.

11. Perencana Keuangan

Job desk perencana keuangan ialah tentukan arah keuangan client dengan menilai semua keuangan client seperti besar utang piutang client, besar penghasilan, jumlah asset dan memberi anjuran yang baik pada hal financial rencana. Dengan tugas dan tanggung-jawab yang lumayan besar, tugas ini lumayan menjanjikan dengan upah freelance financial planner yang sanggup mengurusi akunting dapat capai sampai Rp1 Miliar /tahun. Dan berita baiknya, karier perencana keuangan bisa dikerjaan secara freelance.

12. Penerjemah

Bila kamu mempunyai ketrampilan bahasa tertentu, kamu bisa coba kesempatan jadi freelance penerjemah. Pendapatan dari freelance penerjemah lumayan untuk menambahkan pendapatan. Per project, penerjemah bisa dibayar dimulai dari Rp6 juta sampai Rp10 juta.

13. Admin Sosial Media

Di zaman tehnologi yang berkembang, media sosial menjadi satu diantara ranah yang dipakai sebagai media pemasaran sampai promo. Karena itu, tugas terlepas sebagai admin media sosial sekarang semakin tumbuh subur. Upah freelance admin untuk media sosial bermacam, ada yang rangenya sejumlah Rp700 ribu, dan ada juga yang capai Rp2.500.000 setiap bulannya.

Panduan Jadi Freelancer

Sumber photo: Odua Imagesi lewat ShutterstockSeperti yang sudah diterangkan awalnya, memperdalam tugas sebagai freelance mempunyai kekurangan dan kelebihan. Tidak selama-lamanya membahagiakan, tetapi tidak selamanya tidak menyenangkan. Ada sukai duka yang sering dirasakan oleh freelancer. Nach, supaya karier freelance yang kamu tekuni berjalan mulus, yok baca beberapa panduan di bawah ini.

1. Kerjakaan Lebih dari Satu Project

Sama seperti yang telah diterangkan di atas, jika pendapatan seorang freelance tidak pasti tiap bulannya. Banyak minimal ditetapkan oleh berapa banyak tugas yang bisa kamu lakukan. Bila kamu ingin pendapatan yang semakin besar karena itu kamu harus juga siap untuk bekerja lebih keras. Karena itu, sebagai seorang freelancer benar-benar dianjurkan buat kamu ambil lebih satu project untuk ditangani. Namun tetap yakinkan jika jumlahnya project yang diambil bisa ditangani on time ya!

2. Tentukan Project Periode Panjang

Benar ada freelancer yang lebih sukai cari lowongan pekerjaan freelance dengan upah harian. Tetapi, supaya memperoleh pendapatan yang konstan, pilih project periode panjang. Pastikanlah kamu dan client terjalin kontrak secara tercatat untuk menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan. Project periode panjang membuat kamu bisa bekerja yang baik dan menyesuaikan lebih optimal.

3. Pasarkan Beragam Jenis Jasa

Sebagai seorang freelancer, kamu bisa tawarkan beragam jenis jasa. Karena tugas yang kamu mainkan fleksibel, karena itu kamu bisa ambil banyak project sekalian dengan jasa yang lain. Mengambil peluang sebanyak-banyaknya untuk kerjakan beragam jenis project dengan pendapatan yang menarik.

4. Promokan Diri ke Beberapa orang Paling dekat

Tidak ada yang bisa jamin tidak ada atau adanya tugas tiap bulannya untuk seorang freelancer. Maka dari itu, kamu perlu dengan aktif mempromokan diri dan kemampuan yang kamu punyai ke rekan atau orang paling dekatmu supaya ada selalu project yang bisa kamu lakukan.

5. Buat Deadline Setiap Project

Untuk seorang freelancer, keyakinan client mutlak dipunyai. Supaya sesuai harapan client, sedapat mungkin lakukan tugas dengan hasil sebagus mungkin dan on time. Karena itu kamu perlu membuat deadline setiap project supaya saat kamu banyak memiliki project untuk ditangani, kamu bisa me-manage diri dan tugas secara baik. Dengan management yang bagus, kamu bisa ketahui mana project fokus yang perlu selekasnya dituntaskan mana project yang hendak masuk ke antrean tugas.

6. Mulai Investasi dan Tidak boleh Lupa Punyai Pelindungan Keuangan

Berlainan dengan seorang karyawan masih tetap dalam suatu perusahaan yang memperoleh penghasilan tetap tiap bulan dan memperoleh agunan kesehatan dan agunan hari tua berbentuk dana pensiun, seorang freelancer pasti tidak memperoleh sarana itu. Karena itu kamu harus arif dalam mengurus keuangan kamu. Arsipkan setiap slip upah freelance, bila ada. Bayar pajak dengan displin. Seterusnya, kamu dapat menabung dan bisa berlanjut ke tahapan mengawali investasi sedini mungkin. Pinggirkan beberapa pendapatan kamu untuk investasi periode panjang yang bisa kamu pakai untuk periode pensiun kelak.

Sekalian menabung dan melakukan investasi, tentu saja kamu harus juga mempunyai pelindungan untuk keadaan keuanganmu. Pelindungan ini bisa berbentuk asuransi yang dapat menolong dan amankan keadaan keuanganmu dari semua resiko kehidupan yang kemungkinan terjadi. Kamu tak perlu cemas karena beragam produk asuransi sekarang dapat kamu punyai pada harga yang berteman, lho. Walau harga ramah kantong, faedah asuransi yang dapat kamu peroleh tetap maksimal . Maka, tidak boleh sangsi untuk mempunyai asuransi terbaik saat ini !

7. Turuti Komune Freelancer untuk Perlebar Networking

Sebetulnya, kamu dapat menjadi freelancer secara mandiri karena telah banyak basis atau web freelance Indo sebagai mediator beberapa freelancer pribadi. Tetapi, kamu dianjurkan untuk selalu turut komune freelancer. Masalahnya panduan ini menjadi langkah memperoleh project di tugasmu sebagai freelancer karena makin luasnya networking.

Support rekan-rekan komune akan berikan motivasi kamu untuk selalu stabil dalam cari client. Disamping itu, ikuti komune freelancer akan menambahkan link persahabatan dan buka peluang untuk memperoleh info tentang tugas atau project terkini yang semakin banyak. Kamu bisa tukar pemikiran, info, dan job dengan sama-sama freelancer. Bahkan juga jika kamu memerlukan dana untuk menuntaskan project, kamu bisa secara mudah mendapati mitra lewat komune ini.

Upah freelancer memang menarik bila kamu sukses mendapat banyak project dengan nilai yang besar. Tetapi ingat, tipe tugas ini tak tetap hingga keuangan-mu tidak terjaga bila kamu tidak pintar mengurus keuangan. Maka dari itu, dianjurkan untuk freelancer untuk menyisihkan beberapa pendapatan untuk investasi. Disamping itu, miliki asuransi, baik asuransi kesehatan atau jiwa untuk memproteksi diri. Dengan mempunyai asuransi, beragam resiko di masa datang akan dicover oleh perusahaan asuransi hingga kamu dapat konsentrasi kumpulkan dana pensiun atau beragam arah keuangan yang lain. Yok, peroleh beragam produk asuransi menarik dengan faedah lebih di Qoala App.

 

kunjungi juga jasa pengurusan legalitas

By dzail