Petuah yang harus anda dengarkan dari pengusaha sukses.

  1. Lakukan riset pasar

Jika Anda pernah melihat episode Shark Tank atau Dragon’s Den, Anda sudah tahu mengapa Anda harus selalu menguji ide bisnis Anda terlebih dahulu. Terlalu banyak wirausahawan pemula menghabiskan sedikit uang untuk membangun produk yang tidak ingin digunakan siapa pun.

Anda mungkin mengira tongkat selfie untuk anjing adalah Uber berikutnya. Namun, sampai Anda mendapatkan konfirmasi pasar, Anda hanyalah orang yang mengatakan ‘tongkat selfie untuk anjing adalah Uber berikutnya’.

Tentu saja, ada hal baik, buruk, dan buruk melakukan riset pasar . Memiliki keluarga dan teman-teman Anda sepenuhnya setuju dengan ide Anda jauh dari bukti konsep yang dapat diandalkan.

Kebanyakan orang berpikir bahwa memvalidasi konsep Anda dengan benar membutuhkan terlalu banyak waktu, tenaga, dan sumber daya sebelum mendapatkan wawasan yang relevan. Kebanyakan pendiri yang sukses tidak setuju. Anggaplah Anda telah membahas dasar-dasarnya.

Anda telah mengidentifikasi audiens target Anda. Anda telah menganalisis poin kelemahan mereka dan mendapatkan proposisi nilai yang unik. Inilah saatnya untuk mendapatkan umpan balik yang sangat dibutuhkan.

  1. Sampaikan ide Anda kepada para profesional

Begitu Anda memiliki konsep yang dipikirkan dengan matang, ujian terakhir dari nilainya adalah mencoba dan menjualnya kepada seseorang.

Membuat promosi yang sukses membutuhkan brainstorming dan strategi yang efektif, jadi pastikan Anda mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melakukannya.

Pitch bisa memiliki berbagai bentuk; Anda dapat menulis surat donor, melakukan presentasi atau mengisi aplikasi untuk hibah bisnis .

  1. Cari tahu opini tentang produk serupa

Diskusi online dan forum pengguna dapat memberi Anda pemahaman yang baik tentang apa yang secara jujur ​​dipikirkan konsumen tentang suatu produk atau layanan, untuk mengidentifikasi kebutuhan dan harapan mereka, dan mencari tahu apa yang membuat mereka kesal.

Misalnya, pengecer online besar seperti Amazon atau eBay menggunakan sistem penilaian bintang 1-5 yang memungkinkan Anda mempelajari perasaan rata-rata tentang suatu produk termasuk pandangan dari semua sisi basis pelanggan: pelanggan yang puas, netral dan tidak puas.

  1. Atur kelompok fokus

Gagasan kelompok fokus adalah mengumpulkan sekelompok kecil orang dan menanyakan pendapat, persepsi, atau keyakinan mereka tentang konsep Anda.

Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan wawasan tentang apa yang orang pikirkan tentang produk, layanan, konsep, iklan, ide, atau kemasan Anda. Beberapa tip berguna tentang cara menjalankan grup fokus ditawarkan di sini .

  1. Ketahui pasar Anda

Setelah Anda memiliki ide tentang apa yang ingin Anda lakukan, jelajahi apa yang terjadi di industri tertentu yang Anda minati.

Baca berita terkait area pilihan Anda dan cari informasi tentang produk mana yang sedang populer, ide inovatif terbaru apa, pembangunan di bidang lain yang mempengaruhi industri. Informasi tentang tren pasar dapat diakses paling mudah di bagian publikasi khusus seperti ‘bisnis’, ‘teknologi’, ‘gaya hidup’, ‘lingkungan’, ‘perjalanan’ dll.

Namun, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan berharga jika Anda berinvestasi dalam jurnal industri, situs web, atau buletin dari badan profesional.

Jika pasar anda ada di internet, maka mulailah melakukan pemasaran online. Gunakan Jasa SEO Indonesia untuk membantu anda meningkatkan rangking di Google Organik.

  1. Pahami industri Anda

Pelajari seluk beluk sektor pilihan Anda dan fokus terutama pada hal-hal yang menurut Anda paling sulit. Terkadang persepsi tentang bagaimana kehidupan profesional di industri terlihat sangat berbeda dari yang sebenarnya.

Jangan lupa untuk beradaptasi dengan perilaku pasar, jika mereka sedang menekuni bisnis internet, maka pastikan anda melakukan ke arah yang sama.

Setiap jalan menuju sukses memiliki tantangannya sendiri, dan saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang industri Anda, akan lebih mudah untuk membayangkan masalah seperti apa yang mungkin Anda temui dan apa yang mungkin diperlukan untuk mengatasinya.