Perkembangan project pembangunan MRT Babak 2A fragmen Glodok-Kota (CP203) baru capai 5,87 %. Direktur Khusus MRT Jakarta William Sabanda menjelaskan, ada beberapa tugas yang sudah dilaksanakan untuk membuat lancar berjalannya project pembangunan MRT Babak 2A Babak 203 itu.

 

 

Satu diantaranya yakni sudah dilaksanakan eksperimen jalan raya di Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam dan Jalan Pintu Besar Selatan. “Kami sudah lakukan beberapa tugas seperti perluasan jalan sampai eksperimen jalan raya,” kata William dalam aktivitas Komunitas Wartawan MRT Jakarta, Selasa (30/11/2021).

 

relokasi dan penanaman pohon terimbas project MRT yang ada di teritori Glodok dan Kota Tua. Ia menyebutkan jika ada sekitar 252 pohon yang terimbas oleh pembangunan itu, yakni 139 pohon di Stasiun Glodok dan 113 di Stasiun Kota.

 

MRT Jakarta dengan teratur bekerjasama dengan Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta berkaitan proses pengatasannya supaya sesuai proses yang sudah diputuskan. Project CP 203 mempersiapkan 1.660 pohon alternatif yang hendak ditanamkan kembali di beberapa lokasi yang sudah ditetapkan oleh Dinas Pertamanan dan Rimba Kota Propinsi DKI Jakarta, satu diantaranya di tempat di Jalan Ciputat Raya, Jakarta Selatan.

– Baca Juga Harga Pohon Randu Varigata 

Terdaftar s/d 25 November 2021 sudah dilaksanakan penanaman beberapa 762 pohon alternatif dengan detail pohon yang sudah diisyaratkan oleh Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta. PT MRT Jakarta (Perseroda) pastikan tiap pohon yang terimbas akan ditukar dan direlokasi untuk ditanamkan kembali, dan dilestarikan untuk konservasi lingkungan yang terus-menerus.

 

Salah satunya tipe pohon yang ditanamkan kembali adalah harga pohon kamboja fosil dan ketapang laut. “Lokasi penanaman pohon dilaksanakan di Jl. Ciputat Raya Jakarta Selatan pada tempat punya Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta, dan di lokasi lain yang hendak ditetapkan oleh Dinas Pertamanan dan Rimba Kota DKI Jakarta,” papar William. Peroleh info, ide dan insight di e-mail kamu.

 

Sampai sekarang ini, sedang dilakukan tugas relokasi utilitas, perluasan Jalan Pintu Besar Selatan, Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk dan tugas pembangunan Halte Sementara Transjakarta Glodok. Paket kontrak 203 (CP203) sebagai salah satunya fragmen tugas konstruksi MRT Jakarta babak 2A dengan lingkup tugas pembangunan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota, dan terowong bawah tanah dimulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sejauh 1,4 km.