Koneksi internet satelit sangat bagus di wilayah tersebut jika tidak ada akses ke DSL atau bandwidth internet kabel. Jenis koneksi layanan ini bekerja dengan data yang dikirim melalui satelit. Parabola peralatan satelit disusun mengarah ke selatan. Parabola Efyei ini mengirimkan sinyal ke satelit yang berada di posisi sekitar bumi biasanya stasioner dan akses internet dari penyedia internet disediakan melalui jenis koneksi ini. Bandwidth internet satelit tersedia di seluruh dunia termasuk kapal di laut atau kendaraan bergerak.

Keuntungan dan kerugian

Jenis layanan bandwidth ini membuat akses ke internet di area di mana bentuk bandwidth lain tidak tersedia. Ini juga menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan dial-up – sebenarnya bandwidth ini lebih cepat daripada dial-up. Keuntungan dengan jenis bandwidth ini adalah pengunduhan dan pengunggahan jauh lebih cepat. Pemasangannya juga terbilang cepat.

Karena sinyal dari komputer harus menempuh jarak bermil-mil untuk mencapai satelit dan kembali ke komputer, hal ini menyebabkan penundaan atau latensi antara permintaan data dan penerimaan data tersebut. Rata-rata jeda waktu untuk internet satelit sering ditemukan antara 500 hingga 900 milidetik. Ini tidak dapat diterima untuk aplikasi apa pun di mana akses real-time diperlukan seperti permainan internet, konferensi video, obrolan video, serta panggilan telepon VolP apa pun. Kelemahan lainnya adalah cuaca memang mempengaruhi feed satelit ini. Hujan sebenarnya tidak menghalangi sinyal tetapi dapat menyebabkan suatu bentuk gangguan yang dikenal sebagai “rain fade” dan ini dapat memperlambat kecepatan unduh serta unggah yang menyebabkan koneksi internet yang sangat tidak teratur.

Biaya Awal Serta Bulanan

Akses internet satelit lebih mahal daripada jenis akses broadband lainnya, bahkan 2 hingga 3 kali lebih mahal daripada akses internet DSL. Tidak hanya biaya bulanan lebih mahal tetapi biaya awal setup sangat mahal karena melibatkan parabola dan modem satelit. Pengaturan awal dapat berkisar antara $600 hingga $2000.

Penyedia Utama

HughsNet adalah penyedia internet satelit nomor satu dengan biaya bulanan dasar $49,99. HughsNet menawarkan kecepatan pengunggahan dan pengunduhan yang cukup cepat dan memiliki dukungan teknis yang hebat. Tetapi kecepatan internet turun tajam selama jam sibuk malam hari dan juga ada batasan harian untuk mengunggah dan mengunduh atau penggunaan bandwidth.

Penyedia internet satelit nomor 2 adalah WildBlue dengan paket dasar bulanan $69,95. Mereka menawarkan batas unduh dan unggah yang jauh lebih tinggi tetapi sebagai gantinya, kecepatan unduhan menurun. Tetapi jika Anda memiliki masalah dengan pengunduhan dan penggunaan internet yang berat, penyedia ini mungkin yang terbaik untuk Anda.

Penyedia nomor 3 adalah penyedia internet MyBlueDish yang biaya bulanannya juga $69,95. Mereka saat ini bekerja dengan penyedia WildBlue untuk menyediakan internet yang lebih cepat dan memungkinkan banyak bandwidth unduhan setiap bulan. Tapi, mereka jauh lebih lambat daripada penyedia lain. MyBlueDish juga memiliki dukungan teknis 24/7 yang sangat baik.

By nur