Penyebab Utama Terjadinya Polusi Udara dan Solusi untuk Mengatasinya

Penyebab Utama Polusi Udara dan Solusi Untuk Mengatasinya. | Rumah.com

Setiap kegiatan akan lebih nyaman jika kondisi udaranya juga sehat dan baik. Ketika kualitas udara buruk, seperti berasap, tentu membuat kita tidak nyaman dan justru menutup hidung rapat-rapat supaya tidak menghirupnya. Bagi penduduk perkotaan tidaklah asing dengan yang namanya polusi udara. Tidak heran jika banyak dari penduduk perkotaan yang memilih menggunakan masker ketika berada di jalan atau juga di luar ruangan.

Berikut ini adalah Berita terkini online mengenai polusi udara, penyebabnya, dan cara untuk mengatasinya.

  1. Pengertian Polusi Udara

Polusi udara adalah kondisi dimana satu atau dua substansi kimia di dalam atmosfer ada dalam jumlah yang banyak hingga mencapai kadar yang berbahaya. Polusi udara ini merupakan kondisi yang bisa memicu banyak penyakit bagi tubuh. Namun dampaknya tidak hanya buruk bagi kesehatan manusia, namun juga buruk terhadap lingkungan hidup dan kelangsungan hidup makhluk hidup lainnya. Selain dari pencemaran tanah, pencemaran suara dan pencemaran air, polusi udara ini bisa dikategorikan sebagai salah satu jenis pencemaran lingkungan hidup.

  1. Penyebab Polusi Udara

Polusi udara memang isu lingkungan yang tak habis diupayakan untuk dikurangi dampaknya terhadapkesehatan lingkungan hidup. Hal ini karena ulah manusia yang membuat polusi udara menjadi semakin besar dan tidak terkendali. Polusi udara sendiri mulai menjadi masalah yang sangat besar sejak adanya revolusi industri pada akhir abad 18 hingga awal abad 19. Pada saat tersebut, manusia melakukan perkembangan industri secara masif dan besar-besaran. Dampak buruk hasil dari kegiatan yang tidak terkendali ini tidak dirasakan sekaligus dan tiba-tiba. Dampaknya datang terlembat dan pelan-pelan hingga akhirnya banyak yang menyadari bahwa saat ini tingkat polusi yang ada di dunia tidak terkendali. Sampao akhirnya secara perlahan banyak pabrik yang menggunakan cara yang minim supaya meminimalisir polusi dan limbah yang akan dihasilkan dari kegiatan produksi.

Selain dari kegiatan pabrik, polusi udara juga semakin tidak terkendali seiring dengan banyaknya kendaraan pribadi yang berlalu lalang dan memenuhi jalanan kota. Penggunaan kendaraan yang terlalu banyak ini menghasilkan polusi yang memperparah pencemaran. Belum lagi dengan masih banyaknya kendaraan yang tidak layak beroperasi yang mengeluarkan asap dari knalpot. Maka dari itu sebaiknya emisi dan regulasi kendaraan bermotor diperketat supaya penggunaan kendaraan bisa dikendalikan sehingga bisa mengurangi pencemaran udara.

  1. Dampak Polusi Udara

Polusi udara sangat memiliki dampak negarif yang tidak hanya bagi kesehatan manusia, namun juga bagi lingkungan hidup. Polusi udara dapat berpengaruh buruk terhadap saluran pernapasan manusia dan hewan. Polutan yang masuk ke dalam saluran pernapasan dapat memicu penyakit paru-paru dan penyakit pernapasan saluran atas. Tidak hanya mengganggu saluran pernapasan, namun seiring dengan sering tercemarnya tubuh oleh polutan dari pencemaran udara akan membuat kerja hemoglobin dalam tubuh terganggu. Jika kerja hemoglobin terganggu maka oksigen tidak bisa beredar di dalam tubuh secara lancar dan normal.

  1. Cara Mencegah Polusi Udara

Dengan tidak terkendalinya pencemaran udara yang terjadi, kita tetap bisa mengupayakannya dengan cara meminimalisir polusi yang mungkin akan mencemari udara nantinya. Karena merasa bahwa udara sudah semakin tercemar inilah yang juga membuat masyarakat akhirnya sadar untuk ikut mencegah polusi udara dan menjaga kualitas udara bumi kita ini. Yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mencegah hal ini adalah dengan mulai memberlakukan regulasi yang sangat ketat terhadap kendaraan bermotor dan pabrik industri. Kita sebagai masyarakat bisa ikut berperan dengan mulai menggunakan kendaraan umum dan mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.