Penyebab Dan Cara Mengobati Sakit Migrain

Sakit migrain atau sakit kepala sebelah memang sangat menyebalkan. Membuat kepala berdenyut dan dibarengi rasa mual. Rasa sakit di kepala ini dapat terus berjalan dalam periode yang lumayan lama bahkan berhari-hari. Bagaimanakah cara untuk menghindari migarin ini?

Apa Itu Migrain?

Penyakit ini banyak dialami oleh wanita. Migrain ialah penyakit yang serang otak dan menyebabkan rasa sakit baik secara emosi dan fisik. Perluasan pembuluh darah pada otak dan infeksi sebagai salah satunya kenapa kepala berasa sakit. Walaupun belum diketahui apa pemicunya, biasanya penyakit ini sebagai penyakit turunan.

Yang bisa kita lakukan ialah mencegah dan mengurangi rasa sakit di kepala saat migarin menyerang. Terkadang migrain ini bukan hanya serang bagian sisi sebelah namun juga terkadang menyerang seluruh bagian kepala.

Pada umumnya pasien akan alami tanda-tanda seperti berkunang-kunang, kesemutan pada kaki dan tangan. Secara emosi, tanda yang bisa dirasakan rasa resah, gampang stress, atau mudah tersinggung. Tanda-tanda ini tidak selamanya pasti karena tiap pasien migrain dapat alami tanda-tanda yang berbeda.

Sakit Migrain

Apa Sih Penyebab Migrain?

Langkah untuk menghindari migrain dengan ketahui apa pemicunya . Karena itu penting untuk ketahui penyebab yang bisa mengakibatkan migrain. Mengetahui dan Menghindar dari penyebab migrain berarti semakin mempersempit peluang terkena penyakit ini. Berikut beberapa penyebab dari migrain:

  • Pola tidur yang tidak biasa

Bila jadwal tidur Anda tidak seperti biasanya. Misalkan, periode waktu tidur yang sesaat bahkan juga tidur kelamaan dapat membuat Anda alami migrain. Bila Anda baru pergi, jet lag dapat jadi penyebabnya.

  • Kecapekan

Olahraga atau beraktivitas fisik yang lebih berat dari umumnya bisa membesarkan peluang terserang migrain.

  • Pengubahan hormon estrogen

Hormon estrogen yang terdapat banyak pada wanita bisa memacu migrain. Terutamanya di saat jumlah estogen tidak sedang konstan, misalkan di saat sebelum serta selama saat haid, selama saat kehamilan, pemakaian alat kontrasepsi atau bila sedang jalani therapy hormon.

  • Stimulan indra badan

Sinar yang terlampau jelas, suara yang terlampau keras,atau berbau tertentu yang paling menusuk seperti berbau minyak wangi dan asap rokok menjadi pemicu.

  • Pergantian cuaca

Pengubahan cuaca yang berlebihan atau mungkin tidak pasti dan pengubahan penekanan udara menjadi penyebab migrain.

  • Makanan dan Minuman

Kandungan yang ada pada minuman dan makanan menjadi pemicu. Minuman mengandung alkohol seperti bir dan wine atau kandungan cafein yang ada pada kopi seharusnya dihindari. Mengkonsusmsi coklat, keju tua, makanan yang banyak terkandung MSG atau pengawet sebagai penyebab migrain.

Penyebab yang diperlihatkan di atas ialah beberapa penyebab umum, tapi tidak jamin sebagai penyebab dari migrain Anda karena penyebab migrain pada setiap orang bisa berbeda.

Agar bisa ketahui apa penyebab migrain Anda, bikinlah catatan mengenai kapan migrain serang, apa yang Anda makan atau minum, aktivitas apa yang dilaksanakan saat sebelum Anda alami migrain. Catatan dibikin setiap migrain serang. Dengan menganalisis catatan, diinginkan dapat dijumpai apa penyebab migrain Anda.

Cara Menyembuhkan Sakit Migrain

Cara pertama kali yang bisa dilakukan saat migrain ialah merilekskan pikiran. Tidur pada tempat yang gelap dan sunyi, serta tetap untuk merasa rileks. Anda bisa menempatkan es yang sudah dibuntel kain untuk ditempatkan di belakang kepala. Selanjutnya kerjakan pijatan halus di kepala.

Anda juga bisa bisa melakukan totok wajah dan kepala secara lembut dan pelan, Atau mungkin bisa coba untuk sejenak merilekskan diri ditempat spa dengan melakukan aktivitas pijat di seluruh badan. Jika tak ada waktu mungkin Anda bisa memanggil terapis pijat panggilan Surabaya untuk datang kerumah.

Namun bila Anda kerap diserang migrain, cobalah untuk pergi berobat ke dokter untuk memperoleh penyembuhan yang tepat. Disamping itu, pengecekan atau kontrol juga bermanfaat untuk ketahui dengan cara tepat apa obat dan penyebabnya.

Lakukan gaya hidup sehat dan cobalah untuk menghindari dari apa penyebab sakit migrain supaya migrain tidak menyerang Anda. Semoga sehat selalu. Terima Kasih