Mengenal Tanaman Ketepeng Sebagai Obat Kulit.

Mengenal Tanaman Ketepeng Sebagai Obat Kulit – Ketepeng atau kaskado adalah tanaman liar peredu, semak dengan nama latin Senna alata. Ketepeng umunya tidak ditanam, melainkan tumbuh liar dilingkungan yang masih asri seperti pedesaan, rawa-rawa, pinggiran sungai, ladang, sawah, hingga kebun.

Tanaman satu ini lebih sering digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit luar tubuh, lebih tepatnya untuk kulit dari pada dalam bentuk konsumsi.

Diketahui tanaman ketepeng memiliki kandungan alkaloida, saponin, flavonoida, tannin serta antrakinon. Selain itu daun satu ini juga memiliki sifat antibakteri, antiradang, antifungi serta antimikroba.

Para orang jaman dahulu biasanya memanfaatkan tanaman ketepeng dalam bentuk salep, yaitu daun ketepeng ditumbuk lalu dipakai sebagai obat tradisional.

Manfaat daun ketepeng.

Berikut beberapa manfaat daun ketepeng atau kaskado untuk kesehatan.

1. Mengatasi kurap dan panu.

Masalah kurap dan panu pasti pernah dialami seseorang, walaupun masalah kulis satu ini tidak berbahaya namun dapat membuat penampilan kurang menarik.

Terlebih lagi kurap dan panu terletak pada bagian terbuka seperti wajah dan leher, pastinya bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dihadapan semua orang. Untuk itu jika di tempat kamu terdapat banyak tanaman satu ini, cukup gunakan daunya untuk mengatasi maslah kurap dan panu.

Untuk mengatasi kurap dan panu secara alami memerlukan rutinitas dan harus teratur dalam mengobatinya.

2. Mencegah infeksi luka.

Manfaat daun ketepeng selanjutnya ialah bisa kamu manfaatkan untuk mengobati sekaligus mencegah infeksi luka akibat kuman maupun jamur. Cara satu ini bisa kamu gunakan apabila kamu tidak membawa kotak p3k.

Sifat antibakteri dan antifungi pada daun memungkinkan mampu mencegah infeksi pada kulit. Carannya cukup tumbuh halus daun ketepeng lalu tempelkan pada luka, kemudian tutup dengan kain atau daun ketepeng yang berukuran lebih besar.

3. Menyembuhkan jerawat dan bisul.

Salah satu penyebab timbulnya jerawat dan bisul bisa dikarenakan adanya infeksi kuman, penyumbatan folikel atau pori-pori kulit serta bisa juga karena patogen yaitu benda asing berukuran kecil.

Hal ini akan membuat peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam kemerahan, bengkak, meradang serta bintik putih yang terasa sakit jika tersentuh.

Untuk itu kamu bisa menggunakan tanaman ketepeng sebagai cara alternatif untuk mengatasinya, sifat antibakteri, antiradang serta antimikroba pada daun mampu mencegah sekaligus membunuh kuman penyebab bisul dan jerawat.

Cukup tumbuk halus daun lalu tempelkan pada kulit kamu yang bermasalah.

4. Mengatasi gatal-gatal.

Tanaman ketepeng ada juga yang diolah dan diekstrak menjadi obat salep dalam mengatasi beberapa masalah gatal, baik itu gatal akibat serangga, biang keringat, alergi kulit dan sebagainya.

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman kaskado atau ketepeng yang sudah sejak lama digunakan. Tentunya penggunaan tanaman satu ini aman untuk digunakan luar tubuh. Selamat mencoba.

Sumber : healty99