Mengenal Kopi Instan, Bagaimana Proses Pembuatannya?

Untuk para pecinta kopi, tentu Anda sudah familiar dengan kopi instan, bukan? Ya, bagi sebagian penikmat kopi, bisa dikatakan bahwa kopi instan adalah pilihan yang tepat untuk dikonsumsi. Salah satu alasannya adalah kopi ini cenderung lebih praktis untuk disajikan dan bisa siap dalam beberapa menit saja.

Nah, berbincang tentang kopi instan, ada cerita menarik yang bisa disimak terkait cara pembuatan produk kopi ini. Tentu, mengetahui cara pembuatan produk kopi instan bisa menambah wawasan Anda perihal kopi dan nantinya bisa menambah sensasi saat menikmati kopi.

Bagaimana cara pembuatan kopi instan sehingga siap untuk diseduh?

Proses Pemilihan Biji Kopi

Proses pertama yang dilakukan untuk membuat kopi instan yang nikmat adalah pemilihan biji kopi. Tentu saja, kopi yang nikmat berasal dari biji kopi yang berkualitas. Nah, terkait biji kopi, setidaknya ada tiga bahan utama yang digunakan yaitu kopi robusta, kopi arabika dan campuran keduanya.

Tentu saja, masing-masing jenis kopi memiliki karakter yang berbeda. Misalnya saja, kopi robusta cenderung memiliki rasa yang lebih tajam dan kuat. Di sisi lain kopi arabika memiliki rasa yang cenderung lebih lembut dan juga manis.

Melewati Proses Roasting

Biji kopi yang sudah dipilih kemudian diolah atau dipanggang. Istilah pengolahan biji kopi adalah roasting. Tentu, proses ini amat penting karena akan membentuk rasa dari biji kopi. Proses roasting juga umumnya dibedakan menurut tingkatan kematangan, seperti light roasting, medium roasting hingga dark roasting.

Proses Penghalusan Kopi

Setelah biji kopi matang melalui proses roasting, maka proses pengolahan selanjutnya adalah penghalusan kopi. Ya, biji kopi yang masih utuh tersebut nantinya akan digiling untuk menjadi produk kopi instan. Tentu saja, dalam hal ini ada proses khusus yang dilakukan.

Proses ini tidak hanya untuk membuat biji kopi menjadi bubuk saja, melainkan juga membuat bubuk kopi cenderung tahan lama. Perlu diketahui, tanpa penanganan yang tepat, maka bubuk kopi akan cenderung lebih mudah apek jika terlalu lama.

Pengemasan Kopi Instan

Bubuk kopi yang selesai diproses kemudian akan dikemas dengan kemasan yang kedap udara. Pengemasan ini sangat berpengaruh pada kenikmatan kopi. Selain untuk memastikan jika kopi dalam kemasan tersebut tetap fresh saat hendak diseduh, kemasan kopi umumnya juga digunakan untuk mengatur porsi kopi agar pas saat dinikmati.

Proses pengolahan kopi yang cukup panjang ini nantinya akan menghasilkan produk kopi instan yang nikmat dan tentu saja mudah diseduh. Nah, dengan menikmati kopi instan, tentu saja Anda tidak perlu ribet untuk menikmati secangkir kopi nikmat di pagi hari.

Untuk Anda yang ingin menikmati kopi instan berkualitas, salah satu produk yang bisa Anda pilih adalah Nescafe. Ya, produk Nescafe terbuat dari biji kopi pilihan yang diolah secara profesional dan menghasilkan kopi dengan aroma nikmat.

By hary