Pembangunan dan penyediaan infrastruktur merupakan salah satu pondasi dasar agar sebuah daerah perekonomiannya semakin berkembang. Namun, penyediaan infrastruktur yang layak ini bukanlah hal yang mudah karena adanya berbagai tantangan. Salah satunya adalah karena keterbatasan anggaran yang dapat diatasi dengan kerja sama pemerintah dan badan usaha.

Mengenal Apa Itu KPBU

KPBU adalah singkatan dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha. Dalam bahasa Inggris, istilah ini seringkali disebut dengan Public Private Partnership. Maksud dari KPBU sendiri adalah kerjasama antar pemerintah serta badan usaha yang bertujuan untuk menyelenggarakan penyediaan infrastruktur dan layanan yang digunakan untuk kepentingan umum.

Penyediaan infrastruktur dan layanan kepentingan umum yang akan dijalankan oleh pemerintah dan badan usaha melalui KPBU ini mengacu pada spesifikasi yang sebelumnya ditetapkan oleh pemerintah. Kemudian, sebagian atau sepenuhnya akan menggunakan sumber daya dari badan usaha namun tetap memperhatikan pembagian risiko antara kedua pihak.

Tujuan Adanya Skema KPBU

Adanya skema KPBU ini memiliki beberapa tujuan. Tujuan dari KPBU diantaranya adalah untuk mencukupi anggaran penyediaan infrastruktur secara berkelanjutan, untuk penyediaan infrastruktur yang berkualitas, menciptakan potensi investasi, mendorong prinsip-bayar, hingga memberikan kepastian kembalian pada badan usaha oleh pemerintah. 

Manfaat dari Skema KPBU

1. Terjadinya Transfer Pengetahuan

Manfaat pertama dari skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha ini adalah akan terjadinya transfer pengetahuan. Dengan adanya KPBU, diharapkan akan adanya transfer pengetahuan maupun teknologi terbaru dari pihak swasta pada pemerintah daerah sehingga pemerintah daerah dapat memiliki pengetahuan baru untuk memajukan daerahnya. 

2. Alokasi dan Pembagian Risiko

Manfaat kedua dari skema pembiayaan ini adalah alokasi risiko. Saat menggunakan skema pembiayaan KPBU ini, pihak swasta tidak perlu khawatir akan resiko yang terlalu besar. Pasalnya, nanti akan ada yang namanya risk sharing, atau pembagian resiko, dimana resiko akan dibagikan pada kedua belah pihak. Pihak-pihak yang dimaksudkan adalah swasta dan pemerintah. 

3. Project Delivery yang Tepat Waktu

Manfaat skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha yang selanjutnya adalah dalam hal project delivery. Melalui skema pembiayaan KPBU, proyek yang dilakukan pasti tidak akan molor karena jika molor pihak swasta akan merugi. Maka dari itu, skema ini memiliki target penyelesaian sehingga tidak akan ada proyek yang tertunda. 

4. Potensi Investasi di Masa Mendatang

Terakhir, potensi investasi juga menjadi salah satu manfaat penggunaan skema pembiayaan KPBU. Melalui KPBU, keberhasilan suatu daerah yang menggunakan skema pembiayaan ini dapat menjadi salah satu jalur masuk yang baik bagi pihak swasta lain. Karenanya, skema ini juga mampu mengundang para pelaku investasi atau investor.

Demikian beberapa hal terkait dengan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha yang perlu diketahui. Pembangunan infrastruktur sendiri sangat penting untuk menunjang perkembangan setiap daerah. Salah satu lembaga pendanaan untuk proyek infrastruktur yang banyak dikenal adalah PT Sarana Multi Infrastruktur atau yang dikenal dengan PT SMI. 

By roket