Sebuah lagu benar-benar didasarkan pada lirik dan melodinya. Menulis lirik untuk sebuah lagu mungkin tampak sulit pada awalnya. Beberapa orang berpikir bahwa dibutuhkan pelatihan formal bertahun-tahun untuk menulis lirik yang bagus dan menjadi penulis lagu yang layak. Saya percaya itu justru sebaliknya. Lirik ada di sekitar kita setiap hari, jika kita hanya mengamati. Anda harus mengembangkan pola pikir liris. Lagu bisa ditulis tentang apa saja.

Sangat mudah untuk mendapatkan ide untuk menulis lirik dengan mendengarkan percakapan dalam kehidupan sehari-hari dan dengan mengamati aktivitas yang terjadi di sekitar Anda. Inspirasi dapat ditemukan di mana-mana, di majalah dan surat kabar, di radio, dan bahkan di tempat kerja Anda. Beberapa penulis lagu mulai menyusun pemikiran mereka sebagai sebuah cerita, dan kemudian memasukkan ide-ide ini ke dalam lirik dan sajak.

Ketika Anda mendapatkan ide lirik Anda di atas kertas, Anda memperbaikinya dan mulai mencari kata-kata yang akan membuat lirik Anda berima. Namun, Anda tidak selalu membutuhkan lirik untuk berima. Jangan hanya menambahkan kata pada sebuah lagu karena berirama, jika tidak masuk akal dalam lagu tersebut. Juga, jika Anda tidak bisa mendapatkan bagian terakhir dari lirik yang berima, Anda dapat mencoba memikirkan kombinasi kata yang berima. Apa pun yang Anda lakukan, Anda ingin lirik dan sajak Anda mengalir secara alami.

Jangan khawatir tentang mencoba menyelesaikan seluruh lagu dalam sekali duduk. Itu tidak praktis sebagian besar waktu, meskipun kadang-kadang lirik lagu seseorang dapat merasa sangat terinspirasi dan menulis seluruh lirik lagu sekaligus. Sungguh, Anda hanya harus menuliskan liriknya saat mereka datang kepada Anda, dan pada akhirnya Anda akan dapat mengambil baris dan frasa terbaik untuk melengkapi lagu dengan lirik asli.

Seperti yang lainnya, latihan menjadi sempurna. Semakin banyak Anda menulis, semakin baik Anda menjadi. Selain hanya menuliskan lirik yang datang kepada Anda sepanjang hari, cobalah untuk menjadwalkan waktu yang teratur setiap hari dan pikirkan bagaimana menyusun lirik tersebut menjadi lagu yang bermakna. Beberapa orang menganggap pagi hari sebagai waktu terbaik, ketika mereka merasa segar dan mendapatkan ide yang lebih baik. Saat ini, bahkan ada perangkat lunak penulisan lagu yang tersedia di internet untuk membantu calon penulis lirik. Anda mungkin ingin melihat beberapa perangkat lunak penulisan lagu yang ada di pasaran.

By Drajad