PT SMI (PT Sarana Multi Infrastruktur) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang pembiayaan dan investasi. Dimana perusahaan membantu dan mendorong secara aktif partisipasi badan usaha dalam pengembangan proyek di Indonesia. Adapun produk pengembangan proyek yang ditawarkan PT Sarana Multi Infrastruktur yaitu sebagai berikut.

Produk Pengembangan Proyek PT Sarana Multi Infrastruktur

1. Project Development Facility (PDF)

Fasilitas pengembangan proyek ditujukan untuk proyek proyek yang berkelanjutan. Praktiknya juga termasuk pengelolaan dana donor untuk proyek berkelanjutan tersebut, seperti mempromosikan EBTKE yaitu Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi. Biasanya yang menerima fasilitas antara lain mencakup pemerintah pusat, pemerintah daerah, ataupun lembaga swasta.

Tujuan dari fasilitas pengembangan proyek dan pengelolaan dana donor dari PT Sarana Multi Infrastruktur yaitu mempersiapkan serta mendanai berbagai proyek EBTKE. Sehingga dapat dihasilkan proyek yang memang bankable dan layak untuk pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

2. Public Private Partnership PDF melalui Mekanisme Penugasan

Produk pengembangan proyek PT SMI juga meliputi PPP PDF atau public private partnership project development facility melalui mekanisme penugasan. Ini dimaksudkan untuk proyek proyek kemitraan swasta-publik atau KPS. Adapun penugasannya dimulai dari Kementerian Keuangan, kemudian kepada pemilik proyek dari pemerintah pusat atau daerah.

Tujuan adanya fasilitas pengembangan proyek tersebut adalah memberikan solusi untuk membuat pipeline proyek yang siap didanai. Sebab sektor keuangan memang menjadi pemain besar di negara negara berkembang. Sayangnya, akan menjadi masalah dan sulit mendapatkan pendanaan apabila sebuah proyek tidak memiliki kredibilitas.

Tapi PPP PDF memungkinkan pendanaan proyek dengan meningkatkan persiapan di empat bidang, yaitu sistem administrasi, struktur proyek, kredibilitas studi, serta transparansi dalam prosesnya. Untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha atau KPBU sendiri dapat dilihat di situs Kemenkeu.

3. Bantuan Teknis dan Pengelolaan Dana Donor

Berbagai bantuan teknis dapat diberikan PT Sarana Multi Infrastruktur dalam bermacam macam ukuran. Itu termasuk bantuan proyek, konsultasi transaksi, desain terperinci, dokumen pendukung, studi pra-kelayakan, dan studi kelayakan. Dimana badan pemerintah adalah penerima PDF ini, yang mencakup pemerintah pusat dan daerah sebagai pemilik proyek.

4. Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas

PT SMI juga menyediakan produk pengembangan proyek berupa pelatihan dan peningkatan kapasitas. Program yang ditawarkan antara lain program pelatihan KPS pemula, menengah, dan lanjutan. Lalu peningkatan kapasitas dan pelatihan yang disesuaikan seperti alternatif pembiayaan infrastruktur, investasi sektor air minum, project finance, dan lain lain. Serta pembiayaan alternatif untuk pemerintah daerah.

Itu dia berbagai produk pengembangan proyek yang disediakan PT Sarana Multi Infrastruktur, untuk membantu memastikan proyek pembangunan infrastruktur berjalan lancar. Tentunya ini dilakukan dengan mengkoordinasikan berbagai hal seperti manajemen proyek dan pemangku kepentingan, sampai keahlian dalam persiapan dan pendampingan proyek. Lebih lanjut, bisa langsung cek di ptsmi.co.id.