Jual Bibit Ikan Murah: 5 Bisnis Budidaya Ikan yang Paling Menguntungkan

Sektor perikanan air tawar indonesia faktanya masih belum dimanfaatkan secara optimal. Buktinya, masih banyak produksi budidaya ikan air tawar  di Tanah Air masih belum bisa mencukupi kebutuhan konsumsi dan angka permintaan konsumen. ini baru menyangkut pasar dalam negeri. Sementara pangsa pasar luar negeri belum tersentuh sama sekali. Mungkin dengan digalakkannya perintisan usaha jual bibit ikan murah, akan ada banyak masyarakat kita yang tertarik untuk menjadi pelaku bisnis budidaya. 

lantas, bisnis budidaya bibit ikan air tawar apa saja yang kiranya dapat mendatangkan keuntungan yang paling besar? Berikut informasinya.

Jual Bibit Ikan Mas

Ikan mas adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling favorit bagi masyarakat kita. Bahkan masyarakat kita sering menyebutnya dengan ikan dengan penuh khasiat karena dipercaya dapat menaikan stamina orang yang mengkonsumsinya. Sama seperti ikan air tawar lainnya yang sering kita jumpai di pusat-pusat jual bibit ikan murah di sekitar kita, ikan mas memiliki daging yang empuk dan tebal. Cita rasa dagingnya manis dan gurih. Dan durinya tak begitu banyak. Tak heran, dengan kriteria ini, banyak orang yang menyukainya. 

Belum lagi soal varian olahan ikan mas yang pasti akan siap menggoyang lidah bagi siapapun yang melihatnya. Entah digoreng, dijadikan sup, atau beragam olahan lainnya, sudah pasti ikan mas  akan jadi favorit hampir semua orang.

Kemudian dari segi budidaya, ikan mas cenderung mudah dibudidaya. Tidak perlu ada treatment khusus untuk melakukan budidaya jenis ikan air tawar yang satu ini. Bagaimana dengan masa panen ikan mas?  Meski masa panen ikan ini tak sesingkat masa panen ikan lele yang hanya butuh waktu 3 bulan saja, ikan mas memerlukan waktu untuk menjadi ikan mas dewasa kurang lebih 4 hingga 5 bulan. Masa panen yang cukup singkat ini tentu akan cukup membantu untuk kembali mendapat keuntungan. 

Jual Bibit Ikan Gurame

Ikan gurame juga masuk dalam kategori jenis ikan air tawar dengan daging yang pulen, manis, dan gurih. Sayangnya daging pada ikan gurame ini tak setebal daging ikan lele. Meski begitu, peminatnya tak sedikit. Gurame goreng, misalnya, selalu jadi yang terfavorit karena bagian ekor dan sirip samping ikan ini sangat gurih. Dimasak dengan saus tiram pedas pun tak kalah lezatnya dengan ikan gurame goreng. 

Tapi sayang, untuk budidaya ikan gurame ini, anda memerlukan waktu panen yang lama, yaitu sekitar 10 hingga 12 bulan. mengapa? Ikan gurame memiliki standar ukuran yang jauh lebih besar bila kita bandingkan dengan standar ukuran ikan air tawar lainnya. Apabila ikan gurame belum memenuhi standar ukuran ikan gurame dewasa, anda belum boleh memanennya. 

Akan tetapi, ketika waktu panen tiba, anda akan mendapatkan untung yang melimpah. Pasalnya, harga jual ikan gurame per kilo relatif tinggi. Demikian juga dengan harga jual bibit ikan gurame. 

Bibit Ikan Lele

Siapa di sini yang tak gemar mengkonsumsi ikan lele. Ikan tawar dengan kumis dan patil ini mungkin jadi jenis ikan air tawar paling terkenal dan paling favorit di indonesia. Terang saja sangat tenar karena ikan lele sungguh lezat meski diolah dengan cara apapun. 

Selain enak, ikan lele adalah jenis ikan air tawar yang paling terjangkau dari segi harga. Ikan lele juga sangat mudah didapatkan. Di pasar ikan? Ada; di pasar tradisional? Juga ada; di supermarket? Pasti ada.

Ikan lele tentu memiliki keunggulan yang dapat memberikan berlipat-lipat keuntungan. Salah satu keunggulannya adalah masa panen yang super singkat, yaitu hanya 2.5 hingga 3 bulan saja. Kemudian, ikan lele terkenal ikan yang sangat ‘bandel’ alias tahan penyakit. Meski hidup di perairan yang berlumpur, ikan lele masih tetap bertahan. 

Keunggulan lainnya dari ikan lele yang sering kita jumpai di pusat jual bibit ikan murah adalah perawatan yang minim. Artinya, ikan lele ini tidak memerlukan perawatan khusus, kolam khusus, ataupun peralatan khusus. Cukup dengan kolam terpal dan pakan yang layak, ikan lele anda akan tetap hidup dengan sehat. 

Bibit Ikan Nila

Nah, ikan nila ini adalah saingan terberat dari ikan lele. Mengapa? Karena keduanya sama-sama jadi yang terfavorit dan bercita rasa lezat. Masa panen kedua ikan air tawar ini juga sama-sama singkat. Hanya butuh waktu sekitar 3 bulan saja, anda sudah dapat memanen ikan nila anda. Sedang untuk bibit ikannya bisa anda jual seperti yang terdapat di pusat-pusat jual bibit ikan nila lainnya. 

Bagaimana, kira-kira ingin coba bisnis budidaya ikan air tawar jenis mana nih? Yuk share pendapatnya di kolom komentar.