Inilah Investasi Saham Yang Menguntungkan Bagi Pemula – Meski investasi saham berpotensi menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat, risiko yang cenderung tinggi membuat banyak orang ragu untuk melakukannya, terutama pemula.

Tak jarang banyak pemula lebih memilih memulai Investasi kecil terlebih dahulu, seperti emas atau reksa dana, agar terhindar dari risiko besar. Padahal, jika kita mempelajarinya lebih dalam, Anda bisa mengetahui segudang tips atau cara berinvestasi saham yang menguntungkan dan berisiko rendah.

Inilah Keuntungan investasi saham

Dividen

Dividen adalah bagi hasil yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Dimana deviden itu sendiri berasal dari keuntungan yang diperoleh suatu perusahaan dalam satu tahun. Nah, dividen sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu tunai dan saham.

Dividen tunai adalah bagi hasil berupa uang tunai yang akan diberikan langsung dari perusahaan kepada pemegang saham per satu lembar saham yang dimilikinya. Sedangkan dividen saham adalah perusahaan yang memberikan hasil berupa saham sehingga jumlah saham yang dimiliki investor bertambah.

Namun perlu diperhatikan bahwa ada juga perusahaan yang tidak membagikan dividen kepada investor meskipun memperoleh keuntungan. Umumnya perusahaan-perusahaan tersebut ingin memperluas atau mengembangkan usahanya, namun hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang masih dalam tahap pengembangan.

Capital Gain (Kenaikan Harga Saham)

Capital gain adalah keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham atau investor dari selisih harga beli dan harga jual. Sebaiknya, harga jual harus lebih tinggi dari harga beli. Capital gain umumnya terbentuk karena aktivitas perdagangan bursa.

Sama halnya dengan seorang pedagang yang membeli roti seharga Rp 3000 dan menjualnya kembali seharga Rp 4000 untuk mendapatkan margin. Nah, angka seribu bisa dikatakan sebagai capital gain. Demikianlah ulasan tentang Inilah investasi saham yang menguntungkan bagi pemula semoga bermanfaat.

Sumber :  wartaoce.com

baca juga : berita terbaru hari ini indonesia wartaoce

By dzail