Software HRIS Indonesia adalah perangkat yang akan memudahkan banyak pekerjaan HR perusahaan. Proses penyimpanan hingga pengelolaan data akan lebih mudah karena dilakukan dengan sistem digital. Proses yang efisien dan efektif ini akan mampu menunjang peningkatan bisnis perusahaan. Inilah 4 jenis Software HRIS yang biasa digunakan.

4 Jenis Software HRIS yang Banyak Digunakan

1. HRIS Jenis Operational

Aplikasi HRIS mempunyai banyak jenisnya. Sehingga anda yang ingin menggunakan aplikasi digital ini untuk menunjang kinerja HR juga harus memilih jenis yang tepat. Salah satu jenis aplikasi HRIS yang banyak digunakan adalah Operational. Dengan jenis aplikasi HRIS ini akan membuat seluruh data karyawan bisa terbaca dengan baik dan mudah.

Aplikasi HRIS berbasis Operational ini akan membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan terkait bisnis perusahaan kedepannya. Jenis aplikasi ini mempunyai beberapa komponen penting yaitu seperti Employee Information Systems (EIS), Position Control Systems (PCS), Performance Management Information Systems (PMIS), dan masih banyak lainnya.

2. HRIS Jenis Tactical

Jenis Software HRIS Indonesia yang kedua adalah tactical. Aplikasi HRIS jenis satu ini akan mampu mengelola data pendukung yang akan dibutuhkan terkait sumber daya manusia perusahaan. Beberapa bidang pekerjaan yang bisa terbantu antara lain seperti proses rekrutmen hingga pengembangan skill karyawan atau training.

Jenis aplikasi HRIS ini akan berfokus pada proses pengembangan sumber daya manusia atau karyawan perusahaan. Beberapa komponen pendukung aplikasi ini antara lain seperti Job Analysis and Design Information System, Recruiting Information Systems, Compensation and Benefits Information Systems dan Employee Training and Development systems.

3. HRIS Jenis Strategic

Jenis Software HRIS Indonesia selanjutnya adalah Strategic. Aplikasi HRIS satu ini akan membantu perusahaan dalam menemukan skill dan keterampilan karyawan pada bidang tertentu. Sehingga keputusan terkait penempatas posisi karyawan hingga naik jabatan akan bisa didasarkan pada hasil analisis data karyawan yang jelas.

Proses pengelolaan sumber daya manusia perusahaan bisa dilakukan lebih baik. Beberapa komponen yang terdapat dalam aplikasi HRIS ini antara lain adalah seperti Information Systems Supporting Workforce Planning,  Specialized Human Resource Information Systems Software dan Information Systems Supporting Labor Negotiations.

4. HRIS Jenis Comprehensive

Jenis Software HRIS Indonesia yang terakhir adalah Comprehensive. Aplikasi HRIS satu ini akan menyatukan berbagai fungsi dan tugas HR menjadi satu. Mulai dari proses pengelolaan data karyawan hingga membuat laporan terkait sumber daya manusia dalam perusahaan. Aplikasi ini akan banyak membantu kinerja HR departemen menjadi lebih efisien.

Salah satu Software HRIS  yang bisa menjadi rekomendasi adalah SPISy Software dari Sakura System. Banyaknya fitur menarik dan fungsional didalamnya akan menunjang kinerja HR perusahaan sehari hari. Penggunaannya yang mudah dan aman akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis perusahaan.