Generator yang digunakan menghasilkan listrik. Ada 2 jenis genset: genset portabel dan genset siaga. Generator memastikan bahwa sebagian besar peralatan penting dapat digunakan setiap kali ada gangguan listrik. Generator siaga memberikan daya cadangan di kantor dan rumah dan dipasang secara permanen di luar gedung kantor atau rumah. Mereka dicolokkan ke kabel rumah atau sirkuit listrik. Generator siaga dapat secara otomatis membedakan gangguan pada pasokan listrik dan mulai menghasilkan daya dalam beberapa detik.

Generator portabel digunakan di area di mana tidak ada catu daya atau kebutuhan daya lebih rendah seperti di lokasi konstruksi. Jenis generator ini cukup untuk menjalankan peralatan dan untuk penerangan seperti lemari es, televisi, tungku dan pompa bah.

Generator dapat diakses dalam daya dan ukuran keluaran yang berbeda. Keputusan untuk membeli genset yang tepat tergantung pada faktor-faktor seperti peringkat tegangan, kapasitas watt, efisiensi bahan bakar, jenis bahan bakar, portabilitas, tingkat kebisingan, dan harga.

Generator untuk rumah tangga biasanya menggunakan bahan bakar seperti solar, bensin, propana atau gas alam. Setiap generator memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bensin mudah didapat dan murah. Generator bensin memberikan daya paling besar untuk setiap unit berat tetapi membutuhkan perawatan rutin. Ini juga berisik, menghasilkan karbon monoksida yang berbahaya dan mesin menghasilkan lebih cepat daripada generator propana, diesel, atau gas alam.

Diesel sangat mudah didapat tetapi cukup mahal. Generator diesel membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dan hemat bahan bakar. Kerugiannya adalah lebih berisik, menghasilkan lebih banyak bau dan asap, dan lebih sulit diluncurkan dalam kondisi cuaca dingin.

Propana mahal dan layak untuk pemilik rumah yang memiliki tangki untuk menyimpan gas propana. Generator propana membutuhkan perawatan yang lebih sedikit, dan tidak ada masalah untuk diluncurkan dalam kondisi cuaca dingin seperti generator bensin. Namun, generator gas alam atau gas propana menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk setiap kilowatt daya yang dihasilkan daripada generator listrik diesel. Pembangkit listrik tenaga gas alam adalah yang paling berguna karena sering ada pasokan bahan bakar. Mereka dapat dihubungkan ke saluran gas di rumah.

Genset harus sering digunakan Genset Inverter 5 KVA sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh produsen. Kabel ekstensi tugas berat harus digunakan untuk memasang peralatan ke generator listrik. Seorang ahli listrik profesional harus dihubungi untuk mengatur saklar transfer untuk memasang generator listrik ke sistem kabel rumah. Memasukkan bahan bakar ke dalam genset ketika sedang berjalan harus dihindari, karena dapat menyebabkan kebakaran.

By nur