Sumber : www.bundapedia.com

Bu, anak laki-laki umumnya menyenangi kegiatan fisik di mana dia banyak bergerak. Saat harus di dalam rumah saja, kemungkinan anak jadi berasa jemu karena kegiatannya jadi terbatas. Tidak perlu pusing, Bu. Ada beberapa kok permainan anak lelaki umur 3 – enam tahun yang masih tetap dapat dilaksanakan saat di dalam rumah saja. Tentu saja permainan anak lelaki ini bisa juga dilaksanakan oleh anak wanita. Ingin tahu apa sajakah? Yok, baca beberapa gagasan permainan anak lelaki saat di dalam rumah di bawah ini.

 

Berburu harta karun

 

Berburu harta karun memang bisa saja opsi kegiatan hebat untuk anak. Ibu dapat membuat peta, panduan serta jalan cerita, dan harta karun yang disamakan dengan kegemaran anak. Misalkan, sebagai permainan anak lelaki, Ibu dapat membuat kegiatan memburu harta karun dengan topik membajak laut, petualang, bahkan juga pelacak luar angkasa.

 

Permainan bola dalam ruang

 

Ada banyak permainan bola yang diubah dari cabang olahraga buat dimainkan bersama anak di rumah. Misalkan bermain bowling atau bola basket. Untuk permainan bowling, Ibu bisa manfaatkan botol air sisa, bola ukuran sedang, dan membuat lajur di lantai memakai lakban. Untuk bermain bola basket, tukar bola dengan gulungan kaus kaki dan pakai keranjang atau ember plastik kecil.

 

Tempat cuci mobil

 

Ajak anak berpura-pura jadi petugas tempat bersihkan mobil. Kegiatan ini pasti seharusnya dilaksanakan di pelataran rumah ya, Bu. Siapkan ember berisi air atau selang dan sabun bersihkan piring dan spons. Selanjutnya mengajak anak membersihkan mainan mobil-mobilan yang dia punyai. Atau bahkan juga sepede kepunyaannya. Anak tentu suka dapat bermain dengan mobil-mobilan kesukaannya sekaligus main air.

 

Membuat kostum superhero

 

Siapa sich superhero favorite anak ibu? Yok, mengajak dia membuat baju superhero kegemarannya dari beberapa bahan yang ada di dalam rumah. Ibu dapat manfaatkan kardus sisa, lakban, spidol, cat akrilik, dan lain-lain. Janganlah lupa untuk menolong anak bila hada sisi yang perlu memakai gunting ya, Bu. Saat memakai cat, yakinkan anak kenakan celemek atau pakaian lama waktunya yang tidak ada apa-apa bila terserang bintik cat.

 

Membangun benteng

 

Yuk ajak anak membuat benteng di rumah. Sesuai umur anak, benteng yang dibikin dapat memakai beragam benda. Misalkan memakai bantalan sofa, manfaatkan bangku, meja dan kain seprai, atau menggunkan kardus sisa. Selainnya benteng, anak bisa juga membuat kemping dengan beberapa bahan yang serupa.

 

Masih ada banyak gagasan permainan anak lelaki atau anak wanita yang dapat dilaksanakan walaupun di dalam rumah saja. Mislanya bermain musik dengan beberapa alat yang ada di dalam rumah, bermain terka gambar, board games, dan lain sebagainya.

By andut