Binary Relationship adalah hubungan antara dua Entitas yang berbeda yaitu hubungan grup peran dari satu entitas dengan grup peran entitas lain. Digunakan dalam pemodelan ERD.

Ada tiga jenis kardinalitas untuk Hubungan Biner

  1.  Satu-ke-Satu
  2.  Satu-ke-banyak
  3.  Banyak-ke-Banyak

Satu-ke-Satu

Di sini satu grup peran dari satu entitas dipetakan ke satu grup peran dari entitas lain. Dalam istilah sederhana satu instance dari satu entitas dipetakan dengan hanya satu instance dari entitas lain.

Dalam tipe ini kunci utama dari satu entitas harus tersedia sebagai kunci asing di entitas lain.

Misalnya pertimbangkan dua entitas Person dan Driver_License.

Orang memiliki informasi tentang individu dan Driver_License memiliki informasi tentang Surat Izin Mengemudi untuk individu. Hubungan dari Driver_License ke Person bersifat opsional karena tidak semua Orang memiliki SIM. Sedangkan hubungan dari Orang ke Driver_License adalah wajib yaitu setiap instance Driver_License harus terkait dengan satu Orang.

Satu Orang hanya boleh memiliki satu nomor SIM.

Satu-ke-Banyak

Satu grup peran dari satu entitas dipetakan dengan banyak grup peran dari entitas kedua dan satu grup peran dari entitas kedua dipetakan dengan satu grup peran dari entitas pertama.

Satu Proyek dapat memiliki banyak Karyawan yang mengerjakannya tetapi satu Karyawan akan selalu terlibat hanya dalam satu Proyek.

Banyak ke banyak

Satu grup peran dari satu entitas dipetakan dengan banyak grup peran dari entitas kedua dan satu grup peran dari entitas kedua dipetakan dengan banyak grup peran dari entitas pertama. Dalam hubungan semacam ini, tabel ketiga selalu dikaitkan yang mendefinisikan hubungan antara dua entitas.

Misalnya Pertimbangkan dua entitas Siswa dan Buku.

Banyak Siswa dapat memiliki Buku dan banyak Buku dapat diterbitkan untuk Siswa sehingga dengan cara ini hubungan banyak ke banyak.

Sekarang di antara akan ada hubungan ketiga Book_Issue yang mendefinisikan hubungan antara entitas Siswa dan Buku. Ini akan berisi informasi untuk setiap Siswa yang menerbitkan Buku dan untuk berapa hari yaitu akan melacak semua Buku yang diterbitkan.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai bagaimana cara membuat Entity Relationship Diagram saya sarankan untuk melihat contoh ERD.

By arief