Modus yang Sering Digunakan Fintech Ilegal

Pinjaman online ilegal seperti Fintech Indonesia dengan penawaran proses yang mudah dan cepat tentu sangat menggiurkan di mata masyarakat yang sedang membutuhkan dana. Supaya tidak terjebak dengan fintech ilegal, masyarakat perlu mengenali modus mereka.

Modus yang Sering Digunakan Fintech Ilegal

Lantas apa saja modus yang sering digunakan fintech ilegal? Dikutip dari laman resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ada modus pinjaman online atau fintech ilegal yang kerap dipakai. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Modus penawaran pinjaman melalui Whatsapp atau SMS

Para oknum pinjaman online ilegal biasanya membuat penawaran menarik melalui WA atau SMS ke nomor tidak dikenal. Penawaran menarik ini misalnya bisa mengajukan pinjaman dana tanpa persyaratan apapun.

Namun kenyataannya fintech lending yang legal dan terdaftar di OJK dilarang menyampaikan penawaran pinjaman melalui saranan komunikasi tertentu tanpa persetujuan dari pihak pengguna. Maka dari itu, jika anda benar-benar membutuhkan dana modal pastikan untuk tidak tergiur penawaran pinjol yang sering muncul di SMS/ WA anda.

  1. Modus transfer langsung ke rekening korban

Pelaku fintech ilegal juga sering mentransfer uang langsung ke rekening korban yang sebenarnya belum pernah meminjam dana pada pihak pinjol ilegal tersebut. Pihak OJK menjelaskan bahwa niat dibalik tindakan tersebut yakni supaya pinjol bisa meneror korban dan menagih denda apabila melebihi jatuh tempo.

  1. Modus replikasi nama yang hampir sama dengan nama fintech lending legal

Fintech ilegal juga sangat sering mengiklankan produk yang mereka tawarkan menggunakan nama yang mirip dengan fintech legal. Biasanya hanya dibedakan sedikit seperti berbeda satu huruf, berbeda spasi, huruf kecil/ besar sehingga sekilas nampak seperti fintech legal yang sudah terkenal untuk mengelabuhi korban.

Yang lebih parah lagi, ada pinjol ilegal yang menggunakan logo OJK untuk iklan mereka agar calon korban bisa percaya.

Demikian ulasan mengenai modus yang sering digunakan fintech ilegal yang sebaiknya anda cermati saat anda ingin meminjam uang dari pihak fintech. Untuk mendapatkan informasi lengkap terkait media digital terkini lainnya, anda bisa mengunjungi Dunia Fintech. Disini anda juga bisa memperoleh informasi fintech lengkap sebagai acuan pinjam meminjam yang aman.

 

By arief