Sebelum memutuskan untuk menikah dengan pasangan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Bukan sekedar cinta semata, kesiapan lain pun harus di persiapkan sebelum memutuskan untuk melakukan ke jenjang pernikahan.

Hal ini dilakukan agar nantinya dalam membina rumah tangga bisa melewati segala sesuatu ujian yang datang.

Untuk itu berikut beberapa hal penting ini yang harus Anda persiapkan benar-benar sebelum menikah untuk mewujudkan keluarga yang sakinah mawadah warahmah.

1. Kesiapan Usia

Memang benar, tingkat kedewasaan tidak dipandang dari segi usia, namun dari sisi lainnya seperti fisik terutama untuk wanita setidaknya sudah cukup umur dan kesiapan untuk melahirkan.

Rekomendasi paling tepat adalah menikah saat usia telah memasuki 21-25.

2. Kesiapan Finansial

Cinta saja tidak cukup, tak khayal banyak orang tua yang mengatakan, menyinggung pasangan dengan kata-kata makan cinta, tapi pada kenyataannya jika sudah menikah, salah satu hal terpenting adalah finansial.

Banyak sekali pernikahan yang akhirnya kandas dikarenakan faktor satu ini. Percaya atau tidak, nanti anda akan merasakannya setelah Anda menikah.

3. Kesiapan Fisik

Berkeluarga butuh kesiapan fisik, untuk bekerja mencari nafkah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, hingga melakukan aktivitas seksual. Karena itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti darah rendah, darah tinggi, hepatitis, atau penyakit menular seksual, harus berobat dulu sebelum menikah.

4. Kesiapan Mental

Selain fisik, kesiapan mental juga sangat dibutuhkan. mampu menerima hubungan dan peran baru; memikul tanggung jawab; serta sikap yang sehat dalam menghadapi kehidupan seksual, kehamilan, persalinan bahkan mertua.

5. Kesiapan Emosi

Emosi dimaksudkan sebagai respons Anda ketika menghadapi tekanan. Misalnya, saat menghadapi deadline pekerjaan, saat tersinggung dengan ucapan atau perilaku orang lain, atau saat debat karena beda pendapat.

Jika Anda masih suka marah-marah, sampai melempar barang ketika berbeda pendapat, maka Anda harus belajar mengelola emosi terlebih dahulu sebelum menikah.

6. Kesiapan Sosial

Setelah menikah, bukan hanya sekedar menjalin hubungan dengan pasangan, namun kewajiban untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal pun menjadi lebih penting.

7. Kesiapan Moral

Moralitas berlaku universal, apa pun agamanya. Kesiapan moral sangat penting untuk mengontrol perilaku agar dalam berkeluarga bisa memegang etika.

8. Kesiapan Interpersonal

Seseorang yang memiliki kemampuan interpersonal akan bisa menjadi pendengar yang baik saat orang lain curhat, berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang, hingga mampu berdiskusi dan mendengar pendapat orang lain sebelum mengambil keputusan.

9. Keterampilan Hidup

Keterampilan sangat dibutuhkan dalam hidup. Ketika berkeluarga, keterampilan itu makin dibutuhkan. Misalnya, keterampilan dasar seperti merapikan dan membersihkan rumah, memasak, mengasuh dan mendidik anak, menjalankan peran suami/istri.

10. Kesiapan Intelektual

Dalam berkeluarga, kemampuan intelektual bisa tercermin dari aktivitas pencarian informasi seputar kehidupan keluarga.

Itulah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum memutuskan untuk menikah, terutama bagi Anda yang berencana untuk nikah siri atau berdasarkan adat.

By Drajad