CEO Ruangguru Belva Devara sah menyunting si pacar Sabrina Anggraini pada Sabtu (5/3/2022). Ikrar nikah yang berjalan di Ciputra Artpreneur Jakarta ini didatangi oleh Presiden Joko Widodo sebagai saksi bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pernikahan Belva Devara dan Sabrina Anggraini benar-benar kental akan budaya Jawa. Bajunya sendiri mengangkat ide Tut Wuri Handayani yang di inspirasi dari sektor yang ditekuni oleh Belva Devara, menurut pendesain Indonesia Didiet Maulana.

Detil Baju Pernikahan CEO Ruangguru Belva Devara dan Sabrina Anggraini Angkat Ide Tut Wuri Handayani

 

Di account Instagramnya, Didiet menerangkan ide baju Jawa yang dikenai Belva Devara dan Sabrina Anggraini saat proses ikrar nikah.

“Tut Wuri Handayani, ialah sebuah ide yang dicetuskan Ki Bantai Dewantara, Bapak Pengajaran RI, sebagai semboyan di dunia pengajaran Indonesia, yang memiliki makna “dari belakang, seorang guru harus dapat memberi dorongan dan instruksi”,” papar Didiet Maulana.

 

Advertisement

Selanjutnya, Didiet Maulana menerangkan Belva dengan Ruangan Guru dan narasi cintanya memberikan inspirasi angkatan muda Indonesia khususnya dalam soal pengajaran. Dari semboyan Tut Wuri Handayani hasilkan ide baju pernikahan yang mempunyai penampilan baru, memberi ide dan pengembangan.

Sabrina Anggraini terlihat anggun dengan kebaya kutubaru yang mempunyai lengan berpotongan melebar, dan pola angkin yang dibikin khusus. Kebaya kutubaru ini dipadankan dengan kain Sido Mulia.

Pola ini bermakna akan keinginan untuk capai posisi tinggi dan menjadi anutan warga (keluhuran). Pada detil leher dibikin lipitan bordir lembut yang menambahkan dialek seni.

 

Dalam pada itu, Belva Devara terlihat gagah dengan beskap bordiran memiliki motif floral. Pola ini mempunyai makna tumbuh dengan dialek bordiran kepakan sayap Garuda yang di inspirasi dari simbol Tut Wuri Handayani. Bordir simbol berada di lengan dan sisi punggung.

Kepakan sayap Garuda pada simbol Tut Wuri Handayani didatangkan pada selendang yang dikenai Sabrina. Memakai bahan dari organza pada selendang itu yang sejumlah 5 tiap kelopak, seperti jumlah sayap pada logo-inspirasi Pancasila. Selendang dibikin super panjang supaya seperti sayap saat digunakan.

 

Advertisement

Bila umumnya ikrar nikah dihias oleh warna putih, ini kali malah mendatangkan warna seragam SMA pada pernikahan Belva Devara dan Sabrina Anggraini. Warna abu-abu ciri khas seragam SMA ini tercatat dalam Idik Sulaeman Nataatmadja, Direktur Pembimbingan Kesiswaan Ditjen Pengajaran Dasar dan Menengah 1979-1983, mempunyai makna kedewasaan dan ketenangan.

 

 

kunjungi juga pendidikan utama

By dzail