Piaggio Luncurkan Vespa Elettrica RED

Bagi And yang punya jenis kendaraan apapun salah satu yang harus Anda persiapkan adalah segi perawatannya, hal ini sangat penting untuk Anda lakukan karena akan membuat Anda mengendarai kendaraan Anda dengan nyaman. Dari mulai motor, vespa matic, mobil dan kendaraan lainnya.

Bagi Anda yang punya vespa matic cara untuk merawat motor yang satu ini tentunta beda dengan motor lainnya, supaya motor Anda tetap awet yuk kita simak cara merawan motor vespa matic yang baik:

  • Gunakan Bahan Bakar yang Tepat

Vespa matic ini telahh di design untuk menggunakan bahan bakar yang punya oktan tinggi paling tidak RON 90. Di Indonesia Anda bisa menggunakan pertamax yang punya RON 92, Shell Power RON 95, atau bisa juga Pertamax Turbo RON 98. Jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi akan membuat proses pembakaran jadi lebih maksimal, jadi nantinya tidak akan menyebabkan kotoran yang tertinggal di selang bensin. Dengan begitu performa mesin Anda jadi tetap terjaga.

  • Cabut Aki Vespa

Jika Anda tidak menggunakan vespa Anda dalam waktu yang lama sebaiknya Anda cabut akinya.  Misalnya jika Anda tidak ingin menggunakan motor dalam waktu 1 bulan atau lebih. Dengan melakukan hal ini akan membuat aliran listrik di aku jadi terputus. Jadi bisa menghemat penggunaan aki.

  • Ganti Oli Secara Rutin

Rutin mengganti oli juga sangat penting, karena bisa membuat tingkat keausan motor jadi berkurang dan performa motor tetap terjaga. Anda bisa mengganti oli selama 3 sampai 4 bulan sekali. oli ini berfungsi sebagai pelumas untuk mesin ketika mesin sedang nyala.

  • Panaskan Vespa Setiap Hari

Jika tidak di gunakan sebaiknya panaskan vespa Anda minimal 5 menit setiap harinya, supaya mesin motor Anda terlumasi dengan baik. Dengan begitu mesin akan tetap memiliki performa yang baik. Selain itu hal ini juga bisa membuat mesin jadi tidak mudah berkarat.

  • Perawatan Ban

Merawat ban bisa membuat motor Anda jadi lebih stabil saat digunakan, rutinlah juga untuk cek tekanan angina di ban Anda menggunakan alat ukur khusus hal ini cukup penting untuk memastikan ban Ada awet. Saat memarkirkan motor di rumah juga sebaiknya gunakan standar 2 supaya menghindari tekanan pada ban.

 

Merawat Vespa Tua

  • Cegah Tangki Berkerak

Untuk mencegah supaya tangkinya tidak berkerak sebaiknya Anda gunakan bahan bakar yang kualitasnya bagus, pilihlah bahan bakar yang punya kadar oktan yang tinggi.

  • Pilih Oli Samping Berkualitas

Oli samping ini sangat penting untuk vespa tua, jadi sangat di sarankan Anda untuk memilih kualitas oli samping yang bagus dan berkualitas, dengan menggunakan oli samping yang kualitasnya baik hal ini bisa mengurangi endapan bahan bakar yang bisa meninggalkan kerak

  • Rutin Mengganti Oli

Bagi Anda yang punya motor vespa tua sebaiknya rajinlah untuk menggant oli, ganti oli paling tidak 1 bulan sekali, Anda harus tetap menggantinya walaupun motornya sedang tidak Anda gunakan.

  • Mengontrol Aki

Hal ini juga cukup penting untuk nAda control karena saat mesin menyala sudah pasti aki ini akan mengalirkan listrik jika aki tidak rutin di control bisa menimbulkan karat.

  • Rutin cek karburator

Salah satu masaslah yang paling sering terjadi di vespa tua adalah masalah karburator, jadi untuk menghindari masalah ini rajinlah untuk cek keadaan karburator Anda.

By sartika