Cara Merawat Perhiasan Agar Tetap Cantik

Sebagian besar perempuan senang mengoleksi perhiasan emas asli dan berlian, tapi tidak jarang mereka masih salah dalam merawat perhiasannya. Lalu, bagaimana cara merawat perhiasan agar tetap berkilau? Tenang, artikel ini akan memberi penjelasan untuk Anda.

Cara Merawat Perhiasan Emas Asli

Cara Merawat Perhiasan Agar Tetap Cantik

Saat ini, perhiasan tidak hanya menjadi aksesoris bagi perempuan, tapi juga menjadi barang yang memiliki nilai investasi tinggi. Oleh karena itu, perawatan yang tepat penting dilakukan, agar tidak mengurangi nilai perhiasan itu sendiri.

Untuk membersihkan emas bisa Anda lakukan di rumah. Caranya dengan menggunakan air hangat yang diberi beberapa tetes sabun cuci piring. Jika perhiasan yang akan dibersihkan berukuran kecil, sebaiknya masukkan terlebih dahulu ke dalam kain saring, kemudian rendam selama 5 menit. Setelah itu tiriskan dan letakkan di atas kain halus. Sikat dengan sikat gigi berbulu halus, kemudian bilas dengan air dan lap hingga berkilau.

Selain sabun cuci piring, Anda juga bisa menggunakan campuran detergen dan soda sebagai bahan untuk merendam emas. Dan tahapan selanjutnya tetap sama seperti menggunakan sabun cuci piring.

Ada hal yang lebih penting dari pembersihan, yaitu perawatan. Berikut tips merawat emas Anda agar tetap berkilau:

  1. Lepas saat olah raga atau aktivitas lain yang beresiko, sebab emas merupakan logam lunak yang rentan tergores.
  2. Lepas saat berenang atau spa, sebab kandungan klorin dalam airnya dapat melemahkan struktur emas Anda.
  3. Hindarkan cairan pembersih yang mengandung zat abrasive, karena zat tersebut dapat merusak lapisan emas pada perhiasan Anda.
  4. Lepas saat dandan, sebab make up, lotion, hair spray dan parfum juga dapat merusak lapisan emas perhiasan Anda.
  5. Lepas saat mandi, agar tidak terjadi penumpukan sabun mandi pada perhiasan Anda.

 

Cara Tepat Merawat Berlian

Selain emas, berlian juga menjadi salah satu perhiasan favorit perempuan. Seperti emas, berlian juga membutuhkan perawatan tepat. Berikut cara tepat merawat berlian:

  1. Pembersihan: Berbeda dengan emas yang bisa dibersihkan dengan sabun cuci tangan biasa, berlian harus dibersihkan menggunakan pembersih khusus berlian. Cara praktisnya, Anda bisa berkunjung ke toko perhiasan untuk melakukan pembersihan menggunakan metode uap ultrasonic.
  2. Perawatan: Agar berlian tetap awet, simpan pada kotak perhiasan dan jangan mencampurnya dengan perhiasan lain, untuk menghindari goresan. Selain itu, jika memang dibutuhkan, Anda bisa mengasuransikan berlian. Sebab, berlian sendiri memiliki nilai investasi yang tinggi, yang mana tiap tahun nilainya terus meningkat.
  3. Jangan gunakan berlian saat melakukan kegiatan/aktivitas kasar dan berat. Meskipun berlian termasuk perhiasan yang kuat dan tahan lama, saat digunakan kegiatan kasar terus menerus juga akan membuatnya rapuh.

Itulah beberapa tips merawat perhiasan emas asli dan berlian Anda agar tetap berkilau dan nilainya tidak berkurang.