Ada dua langkah utama untuk mempelajari cara menulis lagu di piano. Yang pertama adalah belajar bermain piano dan yang kedua belajar menulis lagu. Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda hal-hal spesifik apa yang harus dipelajari di keduanya.

Belajar Piano

Sebelum masuk ke penulisan lagu, langkah pertama untuk mempelajari cara menulis lagu di piano adalah belajar cara memainkan piano. Ini tidak berarti bahwa Anda harus belajar cara memainkan Moonlight Sonata atau Fur Elise karya Beethoven. Apa yang penting untuk diketahui pada piano untuk menulis lagu?

1) Catatan di piano
2) Timbangan
3) Akor yang sesuai dengan kunci tertentu

Mempelajari tangga nada pada piano akan sampai pada titik di mana rasanya benar-benar membosankan dan menjengkelkan. Jika titik itu datang, Anda dapat mengerjakan akord. Jangan khawatir, Anda tidak sendirian.

Saat mempelajari akord, pelajari kunci tertentu pada suatu waktu. Misalnya pada kunci C Major, kunci nada ini adalah C, Dm, Em, F, G, Am, dan Bdim. Akord mengikuti saya “m” berarti akord adalah akord “minor”. The “redup” berarti akord adalah akord berkurang. Saya tidak akan membahas terlalu detail dalam artikel ini, tetapi saat menulis lagu di piano dengan kunci C Major, pilihan penggunaan akord Anda adalah akord yang diberikan di atas.

Anda dapat memperluas daftar akord yang akan digunakan, tetapi itu adalah buku itu sendiri, jadi kami akan menyimpan daftar itu ke akord utama kuncinya.

Belajar Cara Menulis Lagu

Setelah belajar memainkan beberapa akord pada piano, Anda dapat beralih ke menulis lagu di piano. Ada 4 bagian penulisan lagu: struktur lagu, lirik, akord, dan melodi.

Struktur Lagu

Ini adalah download lagu mp3 kerangka lagu Anda. Banyak lagu pop menggunakan struktur A-B-C-B-C-D-C. A adalah intro, B adalah verse, C adalah chorus, dan D adalah bridge. Anda tidak harus mengikuti struktur ini. Jadilah kreatif. Satu-satunya pedoman yang akan saya berikan adalah membuat struktur yang memberikan rasa pengulangan dan variasi. Contoh di atas melakukan ini dengan pengulangan bagian B dan C dan pengenalan bagian baru D.

Lirik

Setelah Anda memiliki struktur lagu, tulis lirik untuk setiap bagian. Anda dapat memberikan struktur lirik Anda dengan membatasi diri Anda menjadi empat baris per bagian.

Saat menulis lirik, cobalah untuk menghindari klise. Saya bahkan akan mengecilkannya menjadi kata-kata klise, yang merupakan kata-kata yang terlalu sering digunakan seperti ‘waktu’, ‘cinta’, dan ‘hati’. Ini tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan kata-kata yang terlalu sering digunakan ini sama sekali. Gunakan mereka dengan hemat.

akord

Sebelum memilih akord, Anda ingin memilih kunci. Setelah memilih kunci, Anda dapat bermain-main dengan akord yang berbeda dari kunci untuk menghasilkan progresi akor yang Anda suka. Ini bukan aturan mutlak, tetapi ini dapat membantu lagu Anda jika Anda memberinya rasa variasi dengan menggunakan progresi akor yang berbeda untuk setiap bagian lagu.

Melodi

Saat menulis lagu di piano, melodi dapat ditulis dalam dua cara jika Anda mengikuti urutan khusus ini.

1) Anda dapat memainkan akord dan mencoba menyanyikan lirik yang Anda tulis dan menghasilkan melodi seperti itu. 2) Anda dapat memetik nada yang membentuk akord dan menghasilkan melodi yang cocok dengan lirik Anda.

Mungkin sulit, tetapi jika Anda meluangkan waktu untuk belajar menulis lagu di piano setiap hari, Anda akan melihat peningkatan yang telah Anda buat dalam sebulan. Alih-alih mencoba belajar piano dan menulis lagu dalam semalam, lakukan setiap hari. Anda dapat membuat rencana harian yang akan membantu Anda mencapai tujuan belajar menulis lagu di piano. Jika Anda tidak dapat memikirkan rencana, inilah yang dapat Anda gunakan.

Hari pertama

Pelajari dua akord dalam kunci C Major.

Buatlah struktur lagu

Hari kedua

Pelajari dua akord lagi dalam kunci C Major

Tulis lirik untuk bait-bait itu

Hari ketiga

Pelajari dua akord lagi dalam kunci C Major

Tulis lirik untuk chorus

Hari ke empat

Pelajari satu cara lain untuk memainkan dua akord pertama yang Anda pelajari

Tulis lirik untuk jembatan

Hari Kelima

Pelajari satu cara lain untuk memainkan akord yang Anda pelajari di hari kedua

Buat satu set progresi akor untuk setiap grup

Hari Keenam

Pelajari cara lain memainkan akord yang Anda pelajari di hari ketiga

Buat melodi untuk setiap bagian

Dengan merinci apa yang akan Anda lakukan setiap hari, Anda akan lebih mudah mengambil tindakan untuk menulis lagu di piano. Bersenang-senanglah dengannya dan tweek sesuai kebutuhan.

By nur