Apabila kamu ingin menambah penyimpanan pada PC. Kamu perlu tahu nih bagaimana cara menambah hardisk PC mudah dan cepat. Pemasangan hardisk internal merupakan solusi lebih baik daripada memasang hardisk eksternal. 

Karena hardisk eksternal lebih lambat dan mudah hilang. Namun pemasangan hardisk internal komputer perlu menyambungkan kabel dan memformat agar siap untuk digunakan. Tapi jangan khawatir, berikut akan kami bahas bagaimana cara menambahkannya.

Apa itu Hardisk?

Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu hardisk. Jad hardisk adalah hardware dan fungsinya untuk menyimpan data pada komputer atau laptop. OS, software dan file kebanyakan disimpan dalam hardisk.

Pengguna windows mungkin sudah tidak asing lagi dengan drive C, drive E dan drive D. Karena Microsoft secara default memiliki sebagai partisi utama hard drive.

Cara Menambah Hardisk PC

Apabila kamu ingin menambah hardisk PC agar penyimpanan lebih besar. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Lepas Kabel Listrik pada Komputer

Langkah pertama kamu bisa melepaskan kabel listrik yang terpasang pada komputer. Pastikan semua kabel dan aliran listrik sudah dilepas agar tidak terjadi masalah yang membahayakan.

2. Buka Casing

Buka casing pada PC kamu, cari lokasi dimana hardisk akan dipasang. Pastikan semua baut sudah terpasang dengan baik agar hardisk tetap kencang dan tidak mudah bergoyang.

3. Pasang Kabel SATA 2

Langkah selanjutnya kamu perlu memasang kabel SATA 2. Untuk kabel SATA 1 hanya digunakan untuk hardisk utama. Sedangkan SATA 2 merupakan konektor untuk menghubungkan hardisk tambahan.

4. Pasang Kabel Supply Hardisk dan periksa Jumper

Langkah keempat, kamu bisa pasang kabel power dan periksa jumper. Apabila hardisk yang kamu gunakan adalah tipe IDE, kamu bisa pasang jumper pada posisi SLAVE. Karena hardisk tambahan bukan merupakan hardisk utama.

5. Hidupkan Komputer dan Masuk BIOS

Setelah itu, kamu bisa hidupkan kembali komputer dan masuk ke BIOS. Pada BIOS terdapat informasi mengenai urutan hardisk prioritas yaitu primary master/slave dan secondary master/slave.

Slave merupakan hardisk tambahan dan master merupakan hardisk utama.Pastikan hardisk yang baru dipasang berada pada secondary slave. Jika tidak, kamu bisa lakukan setting untuk prioritas hardisk kamu.

6. Format Hardisk

Sebelum melakukan formatting, pastikan data penting di dalamnya sudah di backup. Untuk menghindari terjadinya hilang data. Jika sudah, kamu bisa masuk ke control panel>administrative tools> komputer management > storage > management.

Lihat informasi hardist baru kamu dan lakukan formatting sesuai dengan petunjuk yang ada. Apabila sudah, hardisk baru sudah siap digunakan.

Cara menambah hardisk PC memang terbilang cukup sulit, apalagi bagi pengguna awam. Namun kamu bisa mencoba cara diatas atau mencari informasi lengkap lainnya di  sinyaltekno.com karena tersedia informasi cukup detail mengenai teknologi dan komputer.

 

By roket