Biaya Asuransi Mobil
Di Indonesia, banyak sekali orang yang belum menyadari pentingnya perusahaan agen asuransi mobil terbaik selain itu, banyak juga yang masih bingung perihal cara menghitung biaya premi yang harus dibayarkan nantinya.

Biaya Asuransi Mobil

Sesuai dengan Surat Edaran OJK nomor SE-06/D.05/2013 mengenai Penetapan Tarif Premi. Maka, besaran premi pun akan tergantung dengan wilayah kendaraan yang sedang beroperasi. Selain mempertimbangkan wilayah, harga jual kendaraan juga menjadi faktor besarnya premi. Perusahaan asuransi juga wajib memberlakukan premi tambahan sebagai biaya risiko dengan minimal 300 ribu per kejadian.

1. Premi Asuransi TLO

Misalkan saja, Ayu yang tinggal di Jakarta baru saja membeli mobil dengan kisaran harga 125 juta hingga 200 juta. Untuk rate premi di Jakarta adalah sekitar 0,44% hingga 0,53%. Pihak dealer pun kemudian menerapkan premi sebesar 0,49%. Maka, perhitungan preminya adalah 0,49% x Rp 200 juta = Rp 980.000.
Nah, jika suatu ketika Ayu mengalami musibah hingga mobilnya ringsek. Maka, pihak asuransi pun akan mengganti kerugian sesuai dengan harga mobil yang dibeli waktu pertama kali. Untuk masa berlaku asuransi TLO ini biasanya adalah satu tahun dan uang pertanggungan jaminannya akan terus berkurang di tahun berikutnya.

2. Premi Asuransi All Risk

Akan lain ceritanya, apabila Ayu mengasuransikan mobilnya dengan asuransi All Risk. Selain premi yang dibayarkan jauh lebih besar, manfaat yang akan didapatkan pun lebih luas, sesuai dengan nominal premi yang harus dibayar. Besaran premi asuransi All Risk untuk harga mobil 200 juta di wilayah Jakarta adalah 2,47% hingga 2,72%.
Misalkan saja ketika pihak dealer menetapkan premi asuransi sebesar 2,5%, maka Ayu pun harus membayarkan 5 juta per tahunnya untuk asuransi tersebut.
Untuk premi asuransi dari tiap perusahaan asuransi tentunya akan berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan kebijakan perusahaan asuransinya. Hal ini juga berlaku bagi asuransi Insureka. Perusahaan asuransi ini memberikan sesuatu yang berbeda dari perusahaan lainnya. Hal ini bisa dilihat dari hashtag yang diberikan, yakni #beneranbeda.
Asuransi dari Insureka ini sudah pasti memiliki jaminan harga terbaik. Dimana Anda bisa melakukan klaim dengan cepat, dan proses pendaftaran yang mudah. Selain itu, dengan memilih asuransi Insureka ini Anda juga akan lebih hemat, karena ada promo diskon 25%. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan diri Anda di Insureka.

By arief