Rekomendasi 12 Aplikasi Cek Grammar Bahasa Inggris Terbaik -  Campusnesia.co.id

Seorang penulis professional pastinya menginginkan konten yang dipublikasikannya baik di blog maupun media lainnya, terhindari dari kesalahan. Apalagi yang ditulisnya itu berbahasa Inggris yang merupakan bahsa internasional.

Memang untuk mengecek kesalahan tata bahasa dan struktur kalimat bisa dilakukan secara manual namun tidak 100% akurat

Oleh karena itu, diperlukan aplikasi cek grammar sehingga proses pengecekan menjadi lebuh mudah dan akurat.

Lantas, apa saja aplikasi cek grammar bahasa Inggris? Yuk kita simak ulasan selengkapnya berikut ini:

  1. After the Deadline

Salah satu keunggulan After the Deadline adalah bisa dipasangkan di sejumlah platform, termasuk WordPress. Pada saat kamu mengedit konten menggunakan WordPress, maka aplikasi ini akan mengecek grammar serta memudahkan aktivitas menyunting.

Dalam aplikasi ini ada 3 tipe dan cara cek grammar, yaitu:

  • Contextual Spell Cheking (Pengecekan ejaan)
  • Advanced Style Checking (Pengoreksian tingkat lanjut)
  • Intelligent Grammar Checking (Pengecekan tata bahasa)

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi cek grammar online lainnya, After the Deadline juga berfungsi untuk mengoreksi kesalahan penulisan yang kerapkali terjadi. Namun, bedanya aplikasi ini tidak ada ada biaya yang dibebankan kepada penggunanya alias gratis.

Cara menggunakan aplikasi ini cukuplah mudah. Kamu cukup klik ikon After the Deadline yang muncul di sudut kanan bawah. Kemudian teks yang salah akan ditandai dengan garis merah. Selain itu, tersedia juga opsi (pilihan) untuk mengabaikan saran yang diberikan mengenai kesalahan tata bahasa.

 

  1. Language Tool

Kemampuan mengecek kesalahan tata bahasa dari 20 lebih bahasa merupakan keunggulan utama dari aplikasi ini. Bahkan, Language Tool juga mampu mengoreksi versi bahasa Inggris dari negara lain, misalnya Inggris Australia, Inggris Afrika Selatan, Inggris Amerika, dan Inggris British. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengetahui kosakata bahasa Inggris untuk negara tertentu.

Cara menggunakan aplikasi gratis ini cukuplah mudah. Kamu cukup tulis atau salin teks ke kolom yang tersedia, kemudian klik Check Text untuk mengecek kesalahan tata bahasa serta pengucapan.

Setiap kalimat yang salah akan ditandai. Jadi, dengan menggunakan aplikasi ini selain belajar kosakata baru, kamu juga bisa mengedit konten.

Bukan hanya terkait kesalahan penulisan saja, aplikasi ini juga akan memberikan saran mengenai penggunaan contoh kata dalam kalimat yang seusai konteks.

 

  1. ProWritingAid

Sama seperti aplikasi cek grammar lainnya, ProWritingAid juga berfungsi untuk mengecak gaya penulisan, kata yang terlalu sering digunakan, klise, transisi, ringkasan, diksi, dan lain sebagainya.

 

Selain memeriksa kesalahan pengucapan dan tata bahasa, aplikasi ini juga akan menganalisa alur tulisan kamu.

 

Apliaksi ini bisa kamu unduh  untuk perangkat maCOS dan Windomws atau diinstal sebagai eksistensi di browser.

 

  1. WhiteSmoke

WhiteSmoke merupakan aplikasi cek grammar bahasa Inggris online yang berfungsi untuk mengoreksi kesalahan tata bahasa, pengucapan, gaya, dan tanda baca. WhiteSmoke hadir dalam tiga versi, yakni versi mobile, versi PC, dan versi web.

 

Selain memiliki fitur koreksi tata bahasa, aplikasi yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur menarik lainnya dimana kamu juga bisa menonton video tutorial serta membaca panduannya.

Dengan hadirnya fitur-fitur tersebut, kamu dapat memperkaya pengetahuan terkait penulisan, pengejaan, dan tata bahasa.

 

Bukan hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan plagiarisme checker dan mendukung fitur pengecekan tata bahasa di Gmail.

 

Bagi yang menggunakan Windomws, aplikasi ini bisa langsung kamu gunakan. Sedangkan bagi pengguna MacOS, kamu harus berlangganan paket Premium atau Business terlebih dahulu.

By sartika