Gabungan antara metode pembelajaran luring dan daring sudah tidak asing lagi sejak adanya pandemi Covid-19 di Indonesia. Untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran, perlunya peranan satuan pendidikan. Berikut beberapa hal yang harus dilakukan satuan pendidikan serta contoh satuan pendidikan yang menerapkan Blended Learning.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sekolah Menerapkan Pembelajaran Online serta Offline

1. Rencana Pembelajaran Online dan Offline

Sekolah wajib menyiapkan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selama dua semester ke depan dengan perencanaan yang matang. Hal ini agar tidak terjadinya kesalahan saat pelaksanaannya nanti. Oleh karena itu, sekolah wajib memilih dengan baik antara pembelajaran jarak jauh (PJJ), luring atau gabungan keduanya.

2. Menyiapkan Hal-hal yang sesuai dengan Metode Pembelajaran

Sebelum melakukan kegiatan pembelajaran, sangatlah wajib bagi sekolah untuk menyiapkan bahan, materi serta media pembelajaran yang sesuai dengan metode pembelajaran. Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan sumber belajar yang sesuai dengan lingkungan belajar siswa masing-masing.

3. Tenaga Pendidik yang Mendukung

Hal lain yang perlu dilakukan oleh sekolah untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring dan luring adalah dengan menyiapkan pendidik serta tenaga kependidikan yang bersedia saling mendukung dan membantu dalam melaksanakan, mengawal, juga mendampingi kegiatan pembelajaran yang sesuai model pembelajaran di sekolah.

4. Peran Guru, Orang Tua dan Masyarakat

Tidak hanya sekolah, peran orang tua, guru dan masyarakat juga dibutuhkan untuk mendukung kegiatan belajar luring serta daring ini. Oleh karena itu, sekolah perlu mendorong gerakan guru, kolaborasi orang tua, masyarakat serta birokrasi pendidikan untuk  mendukung teknis dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan luring.

5. Program Tayangan TV dan Radio

Hal lain yang perlu diperhatikan bagi sekolah adalah dengan memastikan siswanya mudah dalam mengakses radio dan TV. Jika wilayahnya masih belum bisa menjangkau sinyalnya, maka sekolah harus mengoptimalkan program TV atau radio sebagai sajian utama dalam mendukung pembelajaran siswa selama daring.

Sekolah Murid Merdeka dengan Metode Pembelajarannya

Sekolah Murid Merdeka atau SMM merupakan sekolah inovasi yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka serta daring dengan strategi yang efektif. Selain itu, sekolah ini mengoptimalkan minat dan bakat peserta didik dengan menyajikan materi secara interaktif sehingga siswa tidak akan bosan dan mampu menyerap ilmu saat kegiatan pembelajaran.

SMM juga membebaskan siswanya untuk memilih mengikuti kegiatan pembelajaran mana yang akan diikuti entah itu secara daring atau luring. Hal ini untuk memberi kebebasan belajar sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Tidak hanya itu, sekolah ini memfasilitasi siswanya dengan sarana belajar yang tidak ditemukan di sekolah lainnya seperti penggunaan ToolKit.

Demi terciptanya kegiatan pembelajaran luring serta daring, perlunya peran lembaga pendidikan yang utama juga peran orang tua, masyarakat serta birokrasi pendidikan untuk mendukung kegiatan pembelajaran ini. Adapun hal-hal yang perlu dilakukan untuk tercapainya keberhasilan proses pembelajaran serta contoh sekolah yang menerapkannya.

 

 

By roket