Beberapa Ciri Pertumbuhan Anak Ideal Usia 4 Tahun

Anak – anak memenuhi kegiatan harian mereka dengan bermain bersama dan menjelajahi dunia mereka. Pada usia 1 – 5 tahun, anak cenderung untuk mudah menangkap informasi dan juga mampu dengan mudah mengelola informasi tersebut dalam bentuk meniru. Anak usia 1 – 5 tahun sendiri disebut sebagai golden years atau usia emas anak. Pada masa ini, anak cenderung mudah mencerna informasi, sudah bisa berjalan dan berlari seperti orang pada umumnya dan sudah mulai bisa bicara.

Perkembangan yang disebutkan tersebut merupakan perkembangan ideal untuk anak selama usianya tersebut. Perkembangan anak diusia 1 – 5 tahun sendiri cukup krusial karena mampu menentukan masa depan mereka. Pertumbuhan penting dalam fase kehidupan mereka terjadi selama rentang usia ini. Jadi penting untuk memastikan anak memiliki fase perkembangan optimal, orang tua banyak memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak pada usia ini.

Cara sederhana mendukung tumbuh kembang anak yang optimal adalah dengan memberikan anak nutrisi yang sesuai dan tepat pada konsumsi makanannya sehari – hari. Makanan mampu memberikan bekal nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam mendukung tumbuh kembang anak. Jika anak kekurangan nutrisi, perkembangannya akan terhambat. Begitupun jika kelebihan nutrisi.

Pada usia 4 tahun, anak sudah mulai dengan sempurna mengerti apa yang dilakukan orang sekitarnya. Pada usia ini, anak sudah bisa berbicara dengan baik dan bermain bersama teman sebayanya berbagai permainan seperti bola, petak umpet hingga berlarian bahkan melompat. Apa saja sih tahapan perkembangan anak 4 tahun yang ideal bagi anak?

  •         Berat badan anak 4 tahun : 12,3 Kg – 21,2 Kg

Berat badan ideal anak 4 tahun yang disarankan adalah 12,3 Kg hingga 21,2 Kg. Berat ideal anak ini sendiri menandakan anak sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Cara menaikkan berat badan anak 4 tahun, anda bisa menggunakan pola makan teratur dan memberikan anak susu penambah berat. Biasanya susu yang direkomendasikan adalah susu dengan whey protein yang tinggi.

  •         Tinggi ideal anak 4 tahun : 94,1 cm – 111,7 cm

Anak memiliki tinggi badan yang ideal, merupakan idaman orang tua. Tinggi badan anak yang ideal sendiri mengindikasikan anak pertumbuhannya baik. Bila anak anda masih dibawah perkembangan yang semestinya, anda bisa memberikan nutrisi dalam cara menaikkan berat badan anak 4 tahun. Nutrisi yang dikhususkan untuk menaikkan berat badan anak bisa juga menutrisi tulang untuk tumbuh optimal.

  •         Sudah bisa mengutarakan maksudnya dengan Bahasa sederhana

Cara menaikkan berat badan anak 4 tahun adalah dengan memberikan makanan bernutrisi, contohnya susu. Kandungan susu sendiri kaya akan omega 3 dan 6 yang cocok untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jadi, anak bisa menyerap berbagai kata dan informasi dengan baik. Penting bagi orang tua untuk mengajarkan Bahasa sopan dan santun pada anak.