Pulau Onrust Jakarta

Narasi harta karun Pulau Onrust Jakarta sebagai salah satunya kekhasan di rangkaian Kepulauan Seribu yang lokasinya tidak jauh dengan pulau bidadari. Dunia sudah mengetahui hal itu hingga beragam faksi tertarik mempelajari selanjutnya. Pulau namanya Onrust diambil dari Bahasa Belanda memiliki arti tak pernah diam atau istirahat. Istilah itu diberi saat penjajahan Belanda persisnya VOC saat ada di Indonesia.

VOC sebagai organisasi serikat Belanda yang usaha kuasai perdagangan rempah-rempah Indonesia. Dari dulu Nusantara populer dengan pemroduksi rempah-rempah nomor satu dunia seperti cengkeh, pala, kayu manis, dll. Orang Eropa terutamanya Belanda ingin kuasai selanjutnya membuat VOC dengan beragam peraturan memperberat rakyat pribumi.

Sekian tahun wargaan VOC, beberapa petinggi penjajahan alami kemasyhuran besar hingga gampang menumpuk harta benda. Harta itu berbentuk emas batangan atau barang bernilai yang lain yang dilumpukkan pada tempat rahasia. Adapun satu diantaranya di teritori Onrust, dahulunya jadi pos pabean saat sebelum pasukan Belanda masuk Jakarta.

Riwayat Pulau Onrust Jakarta yang Dicabuli VOC

Pulau Onrust Jakarta benar-benar belum diketemukan oleh siapa saja hingga terhitung pantai perawan. Tidak satu juga warga Indonesia asli bertandang ke tempat itu atau putuskan tinggal di situ. Pulau itu memiliki keelokan bak surga dunia seperti pasir putih memiliki tekstur lembut dibarengi air lautan berwarna biru jernih.

Meskipun tidak ditempati warga tapi beberapa ratus tahun lalu pernah disinggahi beragam figur besar. Misalnya James Cook dari Australia yang melaut selanjutnya berkunjung sesaat untuk membenahi kapal di pulau itu. Selanjutnya tahun 1911 sampai 1933 jadi tempat berkunjung sementara beberapa calon jamaah haji sepanjang melaut memakai kapal laut.

Baru VOC masuk daerah itu selanjutnya membangun bangunan seperti benteng sebagai pertahanan. Beberapa sumber menjelaskan di situ ada terowong rahasia menyambungkan Pulau Kelor dan Onrust. Antiknya terowong itu dibuat di bawah laut tanpa seorangpun ketahui apa lagi coba menelusuri langsung. Karena memiliki sifat rahasia itu beberapa orang berasumsi ada harta warisan VOC disimpan di situ.

baca Website pulau Bidadari

Sangkaan penyimpanan harta rahasia VOC makin kuat saat ketahui riwayat panjangnya. Organisasi itu mempunyai catatan gelap di mana mayoritas pejabatnya lakukan korupsi. Komoditas rempah-rempah sukses membuat VOC kaya raya hingga hasilkan juta-an gulden. Itu karena kenapa beberapa pejabatnya silap mata selanjutnya molorikan beberapa kekayaan itu sampai VOC pailit.

Diketemukan Banyak Bangkai Kapal Sisa VOC

Adapun bukti ada harta karun warisan VOC di Pulau Onrust Jakarta karena diketemukan banyak kapal dagang. Pulau itu saat sebelum dibuka jadi tempat wisata baru sudah mendapati beberapa bangkai kapal monitor punya Belanda. Misalkan tahun 1986, ada sebuah kapal besar warisan De Geldermalsen yang dipakai untuk berdagang VOC.

Kabarnya kapal itu terbenam di Selat Malaka saat melaut bawa harta hasil perdagangan rempah-rempah VOC. Untuk menunjukkan asumsi ada harta karun, dibuatlah ekspedisi pemburuan harta dipegang oleh Kapten Michael Hutcher. Bisa dibuktikan betul bila diketemukan 126 tangkai emas murni dan 160.000 keramik asli Cina persisnya Dinasti Ching dan Ming.

Dari situlah ada kepercayaan jika banyak tersisa harta warisan terpendam dalam Pulau Onrust Jakarta. Tetapi warga sekitaran tidak berani cari apa lagi ambil karena dipandang sakral. Narasi mengenai harta karun disokong oleh bukti riwayat menjelaskan jika ada beberapa ratus kapal terpasah di pulau itu sepanjang VOC berjaya.

baca : Pulau Onrust kepulauan seribu

Bila Anda ingin tahu pada penemuan harta karun VOC di tempat rekreasi itu karena itu coba berlibur ke sana. Warga di tempat sudah tidak asing karena ada desas desus harta karun. Menariknya kembali teritori rekreasi Pulau Onrust Jakarta memiliki banyak spot riwayat menarik warisan Belanda.