Squad, apa kamu punyai harapan menjadi pilot? Pilot masih jadi salah satunya karier yang terkenal di Indonesia. Kecuali berprestise, karier ini dipandang mempunyai banyak kelebihan, seperti upah yang tinggi sampai peluang untuk keliling dunia gratis. Menjadi pilot, kamu harus lulus dari sekolah pilot lebih dulu. Tetapi, untuk masuk di sekolah pilot sendiri tidak gampang Squad. Kamu harus lewat banyak test, seperti test kesehatan dan test akademis. Hmm, lantas apa saja ya sesungguhnya yang perlu kamu siapkan bila ingin jadi pilot? Baca ya!

1. Kesehatan yang sempurna

Sama seperti yang telah disebut awalnya, bila untuk masuk di sekolah pilot kamu harus sukses lewat test kesehatan dan test akademis. So, kamu harus menyiapkan kesehatan rohani dan jasmani. Test kesehatan yang perlu kamu turuti mencakup test tinggi tubuh, test telinga, mata, urin, darah, pendengaran, jantung, gigi, dan lain-lain. Wah, komplet sekali ‘kan Squad? Bila ada diantaranya yang memiliki masalah, bisa membuat kamu tidak berhasil . Sehingga jaga kesehatanmu dimulai dari saat ini bila ingin diterima di sekolah penerbangan. Kamu dapat awali dengan mengontrol pola makan, beristirahat cukup, olahraga, tidak merokok, dan menghindar beberapa obat.

2. Ongkos pengajaran

Sekolah penerbangan yang perlu kamu lalui sepanjang setahun sebelumnya terakhir jadi pilot professional terdiri jadi dua, yakni negeri dan swasta. Ketidaksamaan ke-2 nya berada pada ongkos sekolah yang perlu kamu keluarkannya. Untuk masuk di sekolah penerbangan negeri kamu harus mempersiapkan ongkos pengajaran seputar Rp50 juta sampai Rp100 juta. Sedang untuk sekolah penerbangan swasta, ongkos yang perlu kamu persiapkan seputar Rp580 juta. Ongkos yang disebut ini sebagai keseluruhan ongkos sampai lulus dan dapat dicicil. So, tidak bingung ‘kan saat ini mengapa upah pilot besar?

3. Kekuatan akademis

Kecuali kesehatan, kamu harus juga mempunyai kekuatan akademis yang bagus. Karena itu, penting buat kamu menyiapkan kekuatan akademis terutamanya bahasa Inggris agar diterima di sekolah pilot. Bahasa Inggris penting karena semua buku petunjuk dan pelatih di sekolah penerbangan memakai bahasa Inggris. Sesudah jadi pilot, bahasa Inggris akan kamu pakai karena info yang didapat dari faksi ATC memakai bahasa Inggris.

4. Ketahui sangkut-paut pesawat

Hal yang ini sudah pasti wajib buat kamu yang ingin jadi pilot ya, Squad. Menjadi makanan setiap hari calon pilot untuk pelajari teori penerbangan. Kamu harus tahu tiap detil teori yang bakal memberikan dukungan rutinitas pilot sepanjang penerbangan. Disamping itu, kamu harus juga kuasai mekanisme pesawat dan navigasi. Kamu harus pahami ide fisika pada mekanisme pesawat untuk ketahui performa mesin pesawat. Bagaimana, siap?

5. Siap mengikut semua prosesnya

Bila kamu telah lulus dari sekolah penerbangan, kamu tidak langsung akan dibolehkan untuk menerbangkan pesawat, Squad. Kamu harus mengikut kelas terbang sepanjang tiga sampai 5 bulan. Kemudian, kamu akan mengikut simulator dan beberapa pengujian, seperti berbelokkan pesawat, take off, landing, dan lain-lain. Seterusnya, kamu akan masuk dan turut terbang dalam pesawat sebagai observer. Baru kemudian kamu bakal menjadi seorang co-pilot. Sepanjang jadi co-pilot kamu masih tetap akan diawasi sebelumnya terakhir dibolehkan untuk menerbangkan pesawat sendiri.

6. Jaga citra diri

Pasti kamu selalu menyaksikan pilot dengan performa yang rapi ‘kan Squad? Yup, jaga citra diri sebagai seorang pilot dari sebuah maskapal benar-benar sangat penting. Ini juga dimasukkan pada diri tiap calon pilot bahkan juga saat duduk di sekolah penerbangan. So, tidak bingung bila semua pilot selalu berpembawaan rapi, jarang-jarang bicara, dan memiliki tubuh tegap. Ini mereka kerjakan untuk jaga citra dari maskapal yang menaunginya Squad. Bila ada penumpang yang menyaksikan pilot dari satu maskapal dengan penampilan yang kurang memberikan keyakinan, bisa penumpang itu tidak terbang memakai maskapal itu kembali.

Tidak gampang ya Squad jadi seorang pilot? Lumrah saja, pilot memiliki tanggung jawab yang besar lho untuk jaga keselamatan semua penumpang yang sejumlah beberapa ratus orang. So, kamu tidak dapat lakukan penyiapan yang biasa saja. Mari, capai nilai terbaik dengan belajar memakai video beranimasi di ruangbelajar!

By Welly