Wasir bisa menyerang siapa saja. Salah satu yang paling rentan adalah ibu hamil. Biasanya terjadi ketika memasuki usia kandungan trimester ketiga atau bahkan lebih awal. Penyebabnya dapat sangat beragam sehingga membuat tekanan pada dubur meningkat. Namun, tenang saja, ini bisa Anda mencari solusi ambeien saat hamil bisa sembuh.

Ambeien Saat Hamil Bisa Sembuh

Beberapa Cara Ambeien Saat Hamil Bisa Sembuh

Pada saat hamil dengan kandungan yang terus bertambah, maka membuat tekanan pada bagian anus lebih tinggi. Akibatnya menciptakan benjolan atau wasir. Selain itu, sembelit juga bisa menjadi faktornya. Anda dapat menyembuhkannya dengan mengikuti seperti berikut.

  1. Olahraga Ringan Setiap Harinya

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar ambeien sembuh ketika mengandung adalah dengan melakukan olahraga. Jenisnya tentu saja bukan berat, melainkan ringan-ringan saja. Konsultasikan kepada dokter tentang gerakan tepat bagi ibu hamil.

Semakin besarnya kandungan maka tekanan lebih kuat pada bagian anus. Namun, ini bisa Anda minimalisir dengan bergerak kecil-kecil setiap harinya selama kurang lebih 30 menit. Jika rutin, maka dapat hilang rasa sakitnya sebelum melakukan persalinan.

  1. Jangan Pernah Menahan Rasa BAB

Hal yang cukup orang sering lakukan berupa kebiasaan buruk adalah menahan buang air besar. Ini sebaiknya ibu hamil hindari karena justru semakin membuat tinja atau feses Anda mengeras. Akibatnya saat mau BAB akan mengejan terlalu kuat.

Jika mengejan terlalu kuat karena feses keras, maka tekanan ke daerah dubur juga semakin besar. Ini akan membuat rasa sakit serta pembengkakan. Anda bisa menggunakan obat wasir alami, seperti merendam air hangat, mengoleskan minyak kelapa, lidah buaya, dan lain sebagainya.

  1. Jaga Kebersihan Area Dubur

Ambeien pada ibu hamil tentu saja bisa sembuh apabila Anda mempunyai kebiasaan yang bersih dan sehat. Salah satunya adalah selalu menjaga kebersihan dubur. Apabila sudah selesai buang air besar, pastikan membasuhnya menggunakan air.

Agar tidak menimbulkan sensasi sakit maupun iritasi, sebaiknya Anda menghindari penggunaan tisu basah atau sabun mengandung pewangi saat membersihkan area dubur. Dengan begitu, lebih baik memakai air bersih saja.

Wasir pada ibu hamil dapat sembuh. Anda tidak perlu khawatir karena ini memang sering terjadi akibat tekanan di daerah anus sebab kandungan yang membesar. Demikian informasinya semoga bermanfaat.

By doni