Burung cendet yang sukses ialah burung yang dapat bernada gacor. Berikut ada tutorial langkah menjaga burung cendet sampai mengeluarkan bunyi gacor

Dibanding dengan burung kicau secara umum, burung cendet sedikit berlainan karena komunitas aslinya ialah di rimba yang sarat dengan pohon-pohonan lebat.

Sebelum kita lanjut artikel tentang 9 Cara Merawat Burung Cendet Biar Gacor Dan Punya Jiwa Petarung!, Sekedar kami info:

Jika anda mau tau atau ingin mendapat vitamin burung terbaik kunjungi website sahabat kicau.

Oleh karenanya, mereka menyenangi makanan seperti serangga, beberapa bijian, dan buah-buahan yang berada di rimba. Disamping itu, mereka mempunyai jiwa petarung yang tinggi sekali.

Jika tertarik untuk memiara burung yang ini, kamu harus tahu dahulu bagaimana langkah menjaga burung cendet agar gacor!

Langkah Menjaga Burung Cendet

Bila disaksikan sepintas, kemungkinan banyak yang menduga jika burung ini ialah burung jalak. Sebetulnya, ada banyak ciri-ciri yang dapat kamu lihat pada burung cendet.

Panjang badan reratanya ialah 25 cm dengan sayap yang condong pendek dan bundar. Cakarnya lumayan kuat karena di komunitas aslinya dipakai untuk mencekram burung-burung kecil.

1. Tetapkan Tipe Kelamin

Saat kita ingin memiara burung cendet yang dapat bernada gacor, kita harus juga tentukan tipe kelamin dari burung itu.

Seperti burung-burung secara umum, burung sejenis kelamin jantan umumnya lebih memiliki suara yang gacor dibanding dengan tipe kelamin betina.

Dengan tentukan tipe kelamin ini, karena itu kamu secara mudah dapat tentukan atau pilih burung cendet yang mana ingin dituruti untuk perlombaan.

Untuk keunikan burung cendet sejenis kelamin jantan, umumnya warna burung itu condong warna hitam gelap dan benar-benar aktif bernada.

Dan burung cendet betina mempunyai warna yang condong jelas dan jarang-jarang sekali untuk mengeluarkan bunyi.

2. Pahami Watak Burung Cendet

Saat di komunitas aslinya, burung cendet sebagai tipe hewan yang mempunyai wilayah kawasan. Maknanya, ia mempunyai jiwa petarung dan tidak enggan untuk ajak tempur burung yang lain mengganggu daerahnya.

Burung cendet mempunyai paruh yang kuat dan tebal. Makin tebal paruhnya, makin keras suaranya . Maka jika kamu mencari burung cendet yang gacor, tentukan yang paruhnya tebal.

Burung ini populer sanggup menyesuaikan secara cepat. Walau bagaimanapun, burung cendet populer galak hingga melulutkannya perlu usaha lebih. Apa lagi, paruhnya yang tajam dapat mencederai kita.

Dianjurkan untuk memiara burung cendet semenjak anakan supaya lebih gampang melulutkannya dan jarang serang manusia.

Burung cendet populer karena birahinya yang gampang naik. Ekstra fooding yang terlalu berlebih, penjemuran yang kelamaan, atau menyaksikan burung cendet lainnya bisa tingkatkan birahinya.

Bagaimana langkah menjaga burung cendet yang depresi? Seharusnya kamu selekasnya mengucilkannya dari burung lain. Pemicu burung cendet mendadak diam umumnya karena mulai berasa tersaingi, hingga pengisolasian dapat kamu kerjakan untuk tingkatkan rasa yakin dianya.

3. Beri Makanan Berprotein Tinggi

Jika kamu memilih untuk memiara burung ini, bersiap keluar bujet extra karena burung cendet benar-benar sukai makan! Dia mempunyai rahang berat yang dipakai untuk memburu mangsa di komunitas aslinya.

Janganlah sampai kamu biarkan burung ini kurang makan karena burung cendet menjadi garang dan agresif bila kelaparan!

Kamu direferensikan untuk memberikannya voer dengan kandungan protein sedang, yaitu sekitaran 12-18 %. Kamu selalu harus sediakan voer di cepuknya dan selalu menukarnya minimum 2 hari sekali.

Jika ingin mengolah pakannya sendiri, kamu dapat memakai kombinasi telur, tahu, ikan, dan beragam sayur yang dicintai oleh burung cendet seperti tomat atau jagung. Burung cendet menyenangi buah apel, pepaya, dan pisang.

4. Beri Ekstra Fooding

Selainnya voer yang mengandung protein yang cocok, kamu dapat memberi makanan tambahan (ekstra fooding) yang baik sekali untuk tumbung kembang burung cendet.

Kamu dapat memberi beragam tipe hewan seperti jangkrik, orong-orong, kroto, cacing, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, belalang, dan lain-lain.

Jangkrik dapat kamu beri tiap hari, tetapi seharusnya simpan di cepuknya. Beri satu sendok kroto optimal 2x satu minggu dan beri seekor jua 2x satu minggu.

Jika kamu ingin memberi vitamin seperti Supervit, cukup diberi 1x satu minggu. Selainnya vitamin, kamu bisa juga memberinya jamu satu minggu sekali supaya burung cendet jadi lebih aktif dan memiliki tenaga.

5. Lihat Kebersihan Kandang

Saat kamu memilih untuk memiara burung, apa saja macamnya, pastikanlah kamu memerhatikan benar kebersihan kandangnya. Burung cendet tidak kecuali. Sedapat mungkin simpan kandang burung cendet di dekat pohon-pohonan supaya serupa dengan komunitas aslinya.

Burung akan buang kotorannya dalam kandang, hingga kita harus teratur bersihkan kandang tiap hari. Dengan memerhatikan kebersihan kandang, kesehatan burung cendet akan makin terbangun.

Disamping itu, yakinkan juga untuk jaga kebersihan kayu sebagai tempat burung cendet menempati. Tempat makan dan minumnya juga dengan teratur harus ditukar dan dibikin bersih.

6. Mandikan Dan Jemur

Sama dengan umumnya burung kicau, ada banyak perawatan harian yang penting kamu kerjakan dengan stabil. Pagi hari sekitaran jam tujuh, kamu dapat mengangin-anginkannya di teras.

Kemudian, kamu mulai bisa memandikannya dengan sistem yang umum kamu pakai. Janganlah lupa membersihkan kandangnya. Tukar atau tambah voer dan air minum pada ceruknya.

Kamu dapat lakukan penjemuran di antara jam tujuh sampai delapan pagi. Kerjakan sepanjang 1-2 jam dan upayakan burung cendet tidak menyaksikan burung cendet yang lain sepanjang proses penjemuran.

Jika ingin menjemurnya kembali pada sore hari, kamu dapat melakukan pada jam lima sore dengan durasi waktu optimal dua jam.

7. Kerjakan Pemasteran

Jika kamu ingin mempunyai burung cendet yang gacor, proses pemasteran sebagai hal yang harus. Kamu dapat memakai suara burung dengan pola MP3.

Kamu dapat memperdengarkan suara burung lain tiap hari. Hidupkan file MP3 suara burung punyamu dengan suara volume yang perlahan dan diulangi 5 sampai 7 kali. Sesudah 1 minggu, kamu bisa menukar suara master supaya lebih variasi.

Kamu dianjurkan untuk lakukan pemasteran seringkali saat burung cendet mabung alias sedang tumbuh bulu-bulu.

8. Menyimpan Burung Cendet Di Tempat Yang Tinggi

Sebetulnya trick ini seringkali digunakan oleh pencinta burung cendet untuk latih psikis mereka supaya suaranya lebih keluar.

Kamu dapat menyimpan burung cendet dengan menggantungnya di lokasi yang tinggi. Bila rumah kamu cuman 1 lantai, kamu dapat pakai sangkar dan kerekan burung perkutut.

Menggantung dan kerek sangkar itu ke arah tempat yang tinggi supaya bisa mempertajam moralnya.

Bila tidak ada kerekan atau lokasi yang semakin tinggi, kamu juga bisa meletakkannya di dahan pohon di sekitar rumahmu.

Tetapi, bila kamu menyimpan di dahan pohon, kamu harus juga memantau dan mengawasinya setiap waktu.

Kadang ada ular pohon yang dapat memakan burung cendet kecintaanmu atau ada orang yang niat untuk ambil burung cendet dari dekapanmu.

9. Memberikan Perawatan Saat Burung Cendet Turun

Yang bernama makhluk hidup bisa jadi sakit. Burung cendet juga bisa jadi mendadak turun hingga memerlukan perawatan khusus.

Kamu dapat tingkatkan jatah jangkrik yang diberi tiap hari. Kroto juga bisa kamu beri tiap hari. Kamu dapat menambah hewan yang tidak teratur diberi seperti kelabang.

Kegiatan mandi dapat kamu turunkan beberapa waktu. Cukup 2 hari sekali saja, tetapi proses penjemuran dipertingkat jadi 2-3 jam setiap hari. Jika masih kelihatan lemas, beri vitamin tiap hari.

Info lainnya kunjungi manfaat vitamin untuk burung

By nasya