Pastinya ada banyak diantara Anda yang memiliki hobby atau kegemaran naik gunung, karena perjalanan dalam mendaki gunung ini nantinya akan semakin meningkatkan adrenalin Anda, sekaligus juga menambah pengalaman baru. Menyaksikan keindahan alam dari ketinggian dan juga bisa lebih bersyukur atas pencipta. Hanya saja meskipun menyenangkan nyatanya resiko hiking ini juga cukup tinggi, termasuk diantaranya adalah kemungkinan Anda akan tersesat selama pendakian.

Agar tidak mengalami hal tersebut maka berikut ini diantaranya ada beberapa tips cegah tersesat saat naik gunung yang dapat Anda coba terapkan, yaitu:

1. Daftar ke base camp pendakian, jangan menjadi pendaki ilegal, pastikan selalu mendaftarkan diri sebagai bagian keamanan. Sehingga nantinya pihak base camp juga akan memberitahu Anda mengenai medan serta rute yang harus diambil selama pendakian berlangsung, jadi tidak sampai melewati jalan yang berbahaya.

2. Sewa pemandu, jangan salah karena ada pemandu juga yang nantinya dapat Anda sewa untuk menemani mendaki disana. Banyak pemandu yang sudah berpengalaman yang nantinya akan membantu Anda melewati rute yang tepat serta aman.

3. Selalu bersama dengan rombongan, usahakan juga Anda tidak berpencar atau berpisah dengan rombongan, mengingat bagaimanapun sebenarnya hal ini berbahaya, karena bisa saja ketika berpisah Anda nantinya akan tersesat. Jika ingin buang air atau sejenisnya usahakan untuk izin atau beritahu teman, agar tidak tertinggal.

4. Mendakilah lewat jalur resmi, meskipun pada dasarnya ada banyak jalur alternatif yang agaknya bisa Anda gunakan agar bisa sampai ke puncak, namun lewat jalur resmi lebih dianjurkan, sehingga Anda bisa sampai ke puncaknya dengan aman.

5. Mendakilah saat cuaca cerah, hindari pada saat musim penghujan dan cuaca gelap yang besar kemungkinan akan membingungkan Anda dalam perjalanan.

Terapkan tips cegah tersesat saat naik gunung ini tentunya sangat penting demi keamanan bersama, usahakan juga tidak mengambil resiko dengan mendaki sendirian, melainkan pastikan harus selalu ada teman, karena kedepannya Anda tidak tahu apa yang mungkin saja bisa terjadi selama pendakian tersebut bukan.

By roket