Investasi di properti masih menjadi salah satu investasi yang digemari oleh investor Indonesia. Bagaimana tidak menggiurkan, kenaikan harga properti bisa mencapai 10 % in keeping with tahun. Belum lagi biaya sewa yang bisa menjadi pasif income bagi investor.

 

Selain berinvestasi di Indonesia, berinvestasi properti di negara lain juga menjadi tren tersendiri bagi kalangan investor Indonesia. Diversifikasi portfolio di properti bisa menjadi salah satu pertimbangan investasi jangka panjang bagi para investor.

 

Berikut beberapa suggestions untuk investasi properti di luar negeri yang dikutip dari media jendelamu :

 

Tentukan Lokasi

Menentukan lokasi negara sangatlah penting. Pilihlah kota yang memiliki tingkat pertumbuhan harga properti yang baik. Misalnya saja properti di Singapura, Australia, Amerika Serikat. Properti di negara tersebut sangat potensial untuk disewakan kepada pelajar yang mencari tempat tinggal di sana. Selain pelajar, negara tersebut juga merupakan pusat bisnis, sehingga banyak ekspatriat berpotensi untuk menyewa.

 

Pilih Penyalur Properti Yang Terpercaya

Membeli properti di luar negeri menjadi lebih mudah bila mendapatkan bantuan dari penyalur properti terpercaya. Anda bisa mendapatkan beragam pilihan properti di lokasi strategis dan mendapatkan saran dari penyalur properti di negara tujuan investasi.

 

Pelajari Regulasi Pembelian Properti Di Negara Tersebut

Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda-beda. Apalagi bila Anda berniat membeli properti di luar negeri dengan KPR. Regulasi pemberian KPR bagi warga negara asing harus dipelajari dengan teliti dan cermat. Pilih negara yang memiliki makro ekonomi yang stabil, andaikan sedang terjadi krisis setidaknya negara yang dipilih tersebut cepat membaik perekonomiannya.

 

Riset

Lakukan riset mendalam apabila ingin melakukan investasi properti di luar negeri. Berapakah pajak yang harus dibayarkan, nilai sewa yang didapat, biaya perawatan. Apabila ingin disewakan siapakah nanti yang akan mengelola di sana? Riset rental penyalur yang terpercaya untuk mengelola properti. Apakah jaringan transportasi, layanan kesehatan, pendidikan, swalayan dekat dengan lokasi properti yang dibeli. Pastikan untuk survey langsung ke lokasi sebelum membeli properti. Selalu lakukan riset harga dengan harga properti di sekitar lokasi, agar bisa mengetahui harga wajar dari properti.

 

Buat Prioritas

Memilih properti di luar negeri sama halnya dengan memilih properti di Indonesia. Semakin banyak fasilitas yang didapatkan maka semakin mahal pula harga propertinya. Bila ingin menyasar penyewa dari pelajar maka sebaiknya membeli properti di daerah yang dekat dengan universitas. Bila ingin menyasar penyewa dari kaum menengah atas bisa membeli properti yang ada di tengah kota dan memiliki fasilitas kolam renang. Bila ingin menyasar properti yang dekat dengan pantai tentunya harganya berbeda lagi. Dengan dana yang terbatas sebaiknya prioritaskan mana yang lebih penting dan sesuai dengan price range yang ada.

 

Bila sudah menemukan properti impian Anda di luar negeri, bisa segera melakukan pembayaran. Pembayaran dilakukan dengan switch valas ke luar negeri. Pastikan untuk mempelajari seluruh dokumen yang diberikan untuk melakukan transaksi. Bila bahasanya kurang dipahami bisa menggunakan jasa penerjemah profesional untuk menerjemahkan dokumen tersebut.