Memilih aplikasi akuntansi tentu harus dilakukan dengan tepat. Banyak aplikasi yang tersedia dengan berbagai fitur yang berbeda sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Namun ada tips tersendiri untuk memilih aplikasi akuntansi yang benar, salah satunya adalah melihat fiturnya. Berikut adalah beberapa fitur Software akuntansi yang harus ada di dalam aplikasi.

5 Fitur Wajib yang Harus ada di Aplikasi Akuntansi

1. Fitur Laporan Keuangan

Fitur untuk pengerjaan laporan keuangan memang wajib ada dalam aplikasi akuntansi yang anda pilih. Hal ini karena pada dasarnya pembuatan laporan keuangan adalah salah satu tugas wajib dari aplikasi akuntansi ini. Sehingga fitur pembuatan laporan keuangan yang lengkap anda menjadi pertimbangan aplikasi tersebut terbaik.

Beberapa kemampuan yang harus anda perhatikan adalah akuntansi aktual dan double entry. Dengan adanya fitur Software Akuntansi tersebut maka akan membuat laporan keuangan anda bisa selesai lebih cepat namun juga akurat. Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah seperti laporan neraca, perubahan modal, laporan laba rugi, arus kas, dan lainnya.

2. Fitur Manajemen Utang Piutang

Tak hanya penting untuk memiliki fitur pembuatan laporan keuangan, namun juga penting untuk memiliki Fitur Manajemen Utang Piutang. Hal ini karena Manajemen Utang Piutang masih menjadi bagian laporan keuangan yang penting terlebih untuk menjalankan bisnis anda. Dengan adanya fitur ini makan laporan utang piutang akan bisa dikerjakan dengan baik.

Beberapa laporan terkait manajemen utang piutang tersebut adalah seperti  laporan utang piutang dari pelanggan atau supplier, kemudian bisa mengontrol waktu jatuh tempo utang, sehingga waktu pembayaran tidak terlewati. Dengan adanya fitur ini pada Software Akuntansi pilihan anda, maka kinerja administrasi perusahaan bisa dilakukan lebih efektif.

3. Fitur Purchasing

Fitur satu ini penting untuk dimiliki aplikasi akuntansi di perusahaan anda. Hal ini karena setiap perusahaan pasti memiliki kegiatan yang berkaitan dengan Purchasing. Sehingga dengan adanya fitur ini maka akan membantu pekerjaan administrasi perusahaan bisa berjalan lebih lancar, Seperti memudahkan melihat status transaksi dan pelunasan dan masih banyak lagi.

4. Fitur Budgeting

Fitur yang harus ada berikutnya dalam aplikasi akuntansi adalah fitur Budgeting. Dengan adanya fitur ini maka anda akan bisa mencatat semua laporan terkait anggaran dan perencanaannya. Anggaran dalam bisnis perusahaan tentu mengambil peran yang penting dalam meningkatkan produktifitas, sehingga fitur ini penting untuk dimiliki.

5. Fitur Financial Forecasting

Fitur lainnya yang harus dimiliki Software Akuntansi terbaik adalah Fitur Financial Forecasting. Fitur ini termasuk yang paling penting dalam melakukan perhitungan biaya pendapatan yang akurat. Dengan adanya fitur ini maka anda bisa mengontrol jalannya keuangan denagn baik dan lebih efektif.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital saat ini membuat banyak kegiatan manusia terbantu dan bisa dilakukan dengan lebih cepat. Banyak aplikasi yang akan memudahkan berbagai pekerjaan dan dipakai di berbagai jenis bisnis. Baik bisnis skala besar maupun bisnis skala kecil dan menengah.

Info selengkapnya hubungi : https://www.soltius.co.id/