Binar Academy: Bootcamp Online & Kelas Online Bersertifikat

Belakangan ini ada banyak orang yang ingin belajar lebih bayak tentang apa itu coding, barangkali kamu salah satunya. Hal ini tentu bukan sesuatu yang baru lagi, sebab selama beberapa tahun belakangan semua hal tentang bahasa pemograman begitu banyak diminati. Bukan hanya oleh orang dewasa saja, anak-anak juga banyak yang suka dan ingin mempelajari coding secara mendalam.

Jika kamu termasuk orang yang tertarik dengan coding dan ingin mempelajarinya lebih serius, maka luangkan waktumu untuk hal tersebut. Lakukan proses belajar ini dengan serius, agar kamu bisa menguasai bidang tersebut dengan sangat baik. Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mempelajari coding secara mendalam.

 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari apa itu coding dengan tepat:

  • Mengambil kursus online

Ini adalah cara yang paling praktis dan bisa kamu lakukan untuk belajar tentang coding. Kamu bisa mengikuti kursus online yang diselenggarakan oleh lembaga kursus profesional. Selain mendapatkan pelatihan dari ahli yang kompeten di bidangnya, kamu juga akan berkesempatan untuk leluasa dalam mempelajari bidang yang satu ini.

Saat ini, ada banyak lembaga yang menyediakan kelas coding secara online, kamu akan memiliki banyak pilihan. Ini sekaligus bisa mempermudah proses belajar kamu, terutama jika kamu tinggal cukup jauh dari kawasan perkotaan dan sulit mengakses kursus konvensional. Pastikan kamu memilih tempat kursus yang tepat sejak awal, agar proses belajarmu bisa berjalan dengan lancar.

  • Membaca lebih banyak jurnal dan buku tentang coding

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari coding adalah dengan membaca lebih banyak jurnal maupun buku terkait bidang tersebut. Namun biasanya, buku dan jurnal ini masih banyak yang hadir dalam bahasa Inggris. Pastikan kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, agar kamu mudah memahami semua materi yang ada di dalam buku maupun jurnal tersebut.

Namun jika kemampuan bahasa Inggris kamu tidak begitu mumpuni, maka cobalah untuk mencari buku dan jurnal tentang coding yang ditulis dalam bahasa Indonesia saja. Pilih buku dan jurnal dengan materi dan bahasa yang mudah dipahami, agar kamu tidak kesulitan untuk mencerna isinya.

  • Belajar secara otodidak

Jika sudah memiliki kemampuan dasar tentang coding, kamu juga bisa belajar dengan cara yang satu ini. Perdalam kemampuan codingmu dengan belajar secara otodidak. Ada banyak situs online maupun konten lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Selain mempelajarinya, kamu juga bisa mempraktekkan kemampuan codingmu tersebut secara langsung.

  • Mengambil kuliah formal jurusan teknik informatika

Jika kamu sudah dalam usia sekolah dan akan segera melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, maka cara yang satu ini bisa menjadi pilihan. Kamu dapat memperdalam pengetahuan tentang coding dengan mengambil jurusan kuliah teknik informatika. Di sana, kamu akan belajar banyak hal tentang bahasa pemograman, bahkan secara mendalam.

  • Belajar langsung dari ahlinya

Cara yang satu ini cocok untuk kamu yang punya teman ataupun saudara dengan keahlian mumpuni dalam coding. Kamu bisa belajar secara langsung kepada yang bersangkutan. Selain mudah dan praktis, cara ini juga bisa membantu kamu belajar coding tanpa biaya sama sekali.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempelajari apa itu coding, semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

By sartika