10 Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Islam, Wajib Tahu!

Percaya kepada malaikat termasuk salah satu Rukun Iman tepatnya yang kedua. Malaikat sendiri merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diciptakan dari cahaya (nur). Malaikat tidak bisa dilihat oleh manusia secara kasat mata dan malaikat juga bukan objek yang harus disembah atau didoakan.

Malaikat hanya memiliki satu tugas yaitu tunduk kepada Allah SWT dan menjalankan segala perintah-Nya. Kewajiban umat Islam untuk mempercayai adanya malaikat ini sudah tercantum dalam berbagai sumber seperti salah satunya dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 177, yang artinya :

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat – malaikat, kitab – kitab, nabi – nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak – anak yatim, orang – orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang – orang yang meminta – minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang – orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang – orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang – orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang – orang yang bertakwa.”

Pengetahuan mengenai malaikat perlu diajarkan pada anak sejak dini agar mereka senantiasa patuh menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya serta agar mereka mengetahui keagungan Allah SWT yang sudah menciptakan makhluk – makhluk mulia seperti malaikat. Selain itu, beriman kepada malaikat juga bisa menjadikan anak sebagai pribadi yang gemar bersedekah karena malaikat – malaikat senantiasa mendoakan orang – orang yang berinfak di jalan Allah SWT.

Berikut 10 nama malaikat dan tugasnya yang perlu diajarkan pada anak sejak dini :

  1. Malaikat Jibril

Malaikat Jibril bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul. Selain itu, tugas malaikat Jibril juga adalah mengatur angin, memenuhi atau menahan hajat manusia, serta membawa rahmat bagi orang – orang yang menjaga kesucian saat sakaratul maut.

  1. Malaikat Mikail

Allah SWT menciptakan malaikat Mikail dengan tugas sebagai pengatur rezeki kepada makhluk-Nya.

  1. Malaikat Israfil

Malaikat Israfil mendapat tugas dari Allah SWT sebagai peniup terompet sangkakala pada saat datangnya hari akhir atau hari kiamat.

  1. Malaikat Izrail

Tugas malaikat Izrail adalah mencabut nyawa manusia saat ajalnya sudah tiba.

  1. Malaikat Munkar

Malaikat Munkar diciptakan Allah SWT dengan tugas sebagai malaikat yang memberikan pertanyaan saat di alam kubur.

  1. Malaikat Nakir

Tugas malaikat Nakir sama dengan malaikat Munkar yaitu bertanya mengenai tuhan, agama, nabi, kitab suci, kiblat dalam ibadah, saudara, pedoman hidup, jalan hidup, serta perilaku sehari – hari dengan bahasa yang digunakan oleh ahli kubur saat masih hidup di dunia.

  1. Malaikat Raqib

Allah SWT menciptakan malaikat Raqib dengan tugas sebagai pencatat seluruh amal baik manusia.

  1. Malaikat Atid

Tugas malaikat Atid adalah untuk menulis atau mencatat seluruh amal buruk manusia.

  1. Malaikat Malik

Allah SWT memerintahkan malaikat Malik untuk menjaga pintu neraka sekaligus mengawasi makhluk penghuni neraka.

  1. Malaikat Ridwan

Terakhir, malaikat Ridwan ditugaskan oleh Allah SWT untuk menjaga pintu surga sekaligus menyambut hamba Allah SWT yang akan masuk kedalamnya.

 

Itulah 10 nama malaikat dan tugasnya yang perlu diajarkan oleh para orang tua pada anak – anak sejak dini.

By Drajad