Apa yang sobat ketahui dari Pisang Kepok ? ya, selain bisa dikonsumsi dan dimasak serta rasanya yang enak. Pisang kepok banyak mengandung kandungan yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh seperti misalnya ; karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, asam amino, antasida, dan zat besi. 

 

Meskipun sobat di rumah mengonsumsi pisang kepok dengan cara mengolahnya (seperti direbus) maka tidak akan mempengaruhi kandungan yang terdapat pada pisang kepok. 

 

Nah, ngomong-ngomong soal manfaat, dibawah ini ada 10 manfaat yang bisa sobat dapatkan ketika mengkonsumsi buah pisang kepok. disimak ya !

 

10 Manfaat Pisang Kepok Bagi Kesehatan

  1. Mencegah sembelit dan juga diare

Kandungan pektin di dalam pisang kepok dapat membantu mencegah sembelit dan juga diare.

 

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Pisang kepok bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa kalium yang terdapat pada pisang kepok, yang bisa menjaga kesehatan ginjal.

 

  1. Meningkatkan imun tubuh

Kandungan potasium yang cukup tinggi terkandung dalam pisang kepok, potasium ini berfungsi baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

 

  1. Menurunkan berat badan

Nutrisi yang terkandung dalam pisang kepok sangat tinggi, salah satunya yaitu vitamin B6 yang akan membantu dalam sistem pencernaan atau metabolisme. Selain itu, pisang kepok cukup baik dikonsumsi untuk yang sedang menjalani program diet. 

 

  1. Mencegah anemia

Pisang kepok rebus dapat mencegah anemia, hal ini dikarenakan didalamnya terkandung zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin dan juga mampu mencegah terjadinya anemia. 

 

  1. Menyehatkan mata

Pisang kepok yang dikonsumsi dengan cara direbus akan mengandung karoten yang cukup tinggi. Karoten ini merupakan provitamin A yang nantinya akan menjadi vitamin A oleh organ hati. Vitamin A itulah  yang sangat dibutuhkan oleh mata. 

 

  1. Mengatasi penyakit maag

Merebus pisang kepok, bisa membantu untuk mengatasi penyakit maag. Hal ini dikarenakan, kandungan antasida dalam pisang kepok. Antasida alami berfungsi mengatasi masalah asam lambung, dan termasuk penyakit maag. 

 

  1. Membantu kekuatan tulang

Prebiotik yang terkandung dalam pisang kepok berfungsi untuk membantu tulang agar menyerap kalsium dengan lebih baik. Jika dikonsumsi secara baik dan juga teratur maka tulang akan menjadi lebih sehat dan kuat.

 

  1. Mengontrol tekanan darah dan gula darah

Mengonsumsi pisang kepok dengan cara direbus adalah sangat bermanfaat bagi tubuh. Karena mengandung kalium yang cukup tinggi dan kandungan sodiumnya yang rendah, sehingga menjadikan pisang kepok sangat baik untuk menormalkan tekanan pada darah. Serta resiko hipertensi dapat dihindari. 

 

  1. Membantu mengurangi stress

Nutrisi yang terkandung pada pisang kepok bisa mengurangi kadar stress pada diri seseorang yang mengonsumsinya. Selain itu, pisang kepok terkandung “Serotonin”, yang merupakan neurotransmitter yang bisa membantu pikiran menjadi lebih tenang. 

 

Oleh sebab itu, itulah alasan kenapa pisang ini banyak digandrungi oleh masyarakat luas sob.  

 

Sekadar informasi tambahan, kalau sobat di rumah bingung belanja buah dimana “apalagi dimasa pandemi seperti ini”. sobat di rumah bisa nih buka playstore dan instal aplikasi TaniHub. 

 

Nah apa sih aplikasi TaniHub ?
Aplikasi TaniHub itu adalah aplikasi yang dimana sobat bisa berbelanja secara online  kebutuhan pangan seperti sayur, buah-buahan, dan beragam macam kebutuhan lainnya.

 

Cara instal aplikasi TaniHub ;

  1. Buka google playstore
  2. Ketik “TaniHub – Belanja Panen terbaik petani indonesia”
  3. Kemudian klik instal.

 

Selain itu sobat juga bisa mengakses secara langsung melalui websitenya yakni di link https://tanihub.com/ 

Oke jadi seperti itu ya,,, cukup sekian dulu info 10 Manfaat pisang kepok bagi kesehatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share postingan ini ke teman-teman kamu ya !!! thank you 🙂 

 

By sartika